Hubungan stres dan depresi terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti
D Dalam dunia akademik, mahasiswa sering mengalami stres dan depresi.Keadaan stres dan depresi dapat berdampak pada rendahnya prestasi akademik mahasiswa.karena stres dan depresi yang tinggi dapatmengganggu konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan stres dan depresi dengan IPK mahasiswa.METODEPenelitian ini dilakukan menggunakan desain cross sectional. Responden penelitian adalah mahasiswa FTSP.Data untuk menilai stres dan depresi diperoleh dengan kuesioner DASS 42.Data untuk IPK mahasiswa diperoleh dengan data hasil akademik untuk IPK terakhir dari mahasiswa yang mengambil tugas akhir.Analisis statistik dilakukan dengan metode chi square.HASILTerdapat 50 mahasiswa responden penelitian yang memenuhi kriteria inklusi, terdiri dari 9 perempuan dan 41 laki-laki. Distribusi frekuensi mahasiswa yang mengalami stres 20 (40%) dan yang mengalami depresi 24 (48%). Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara tingkat stres dengan IPK (p=0,027) dan ada hubungan antara tingkat depresi dengan IPK (p= 0,015).KESIMPULANTerdapat hubungan antara tingkat stres dan depresi dengan IPK mahasiswa.
I In academic environment, college student frequently suffer from stress and depression. Stress and depression in college student are so much related to academic achievement. High stress and depression rate could result in low college student achievement. Research is necessary to discover correlation between stress and depression with grade point average of college studentMETHODDesign in this research was cross sectional. Responden are the college student of Civel engineering and planning faculty. Tool to get data of stress and depression from Questionnaire DASS 42. IPK obtained from academic data of the student that in process to finishing the last task. Data analysis were carried out using chi square.RESULTThere were 50 research participants college student that met the assessed Inclusion characteristic. There were 9 female college students and 41 male college students. Statistical test showed that there was correlation between stress rate with Grade Point Average (p = 0,027) and correlation between depression rate with Grade Point Average (p = 0,015).CONCLUSIONThere was correlation between stress and depression rate with grade point academic of college student.