DETAIL KOLEKSI

Usulan strategi pemasaran untuk produk pelumas Prima XP berdasarkan segmentasi, targeting, dan positioning di PT. Pertamina (Persero)


Oleh : Ranny Dwi Anggraini

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2008

Pembimbing 1 : Roesmin Darwis

Subyek : Marketing - Management;Lubrication and lubricants

Kata Kunci : marketing strategies, lubricants, Prima XP, segmentation, targeting, positioning, PT. Pertamina (Per

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2008_TA_TI_06303267_Halaman-Judul.pdf 6
2. 2008_TA_TI_06303267_Bab-1.pdf
3. 2008_TA_TI_06303267_Bab-2.pdf
4. 2008_TA_TI_06303267_Bab-3.pdf
5. 2008_TA_TI_06303267_Bab-4.pdf
6. 2008_TA_TI_06303267_Bab-5.pdf
7. 2008_TA_TI_06303267_Bab-6.pdf
8. 2008_TA_TI_06303267_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2008_TA_TI_06303267_Lampiran.pdf

P Pelumas merupakan suatu kebutuhan untuk merawat kendaraan. Prima XP merupakan salah satu produk pclumas produksi PT. PERTAMINA (Persero). Prima XP memiliki target kenaikan penjualan 3% per tahun, tetapi target tersebut tidak tercapai. Hanya tercapai sekitar 2% per tahunnya. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan suatu usulan strategi pemasaran untuk pelumas Prima XP.Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pendahuluan kepada 30responden untuk mengetahui atribut-atribut yang dianggap penting dalam membelipelumas. Atribut-atribut yang dianggap penting yaitu kualitas, harga, kemasan, merek, lokasi penjualan, pcmberian honus/hadiah, iklan, potongan harga, dan variasi volume kemasan. Penelitian selanjutnya adalah menyebarkan pretest kuesioner penelitian kepada 30 responden. Penelitian dilanjutkan dengan menyebarkan kuesioner penelitian kepada 100 rcsponden di wilayah DKI Jakarta. Kuesioner penelitian terdiri dari 5 bagian, yaitu screening responden, idcntitas responden, perilaku konsumen, pertimbangan atribut, dan penilaian merck.Pengolahan data dilakukan menggunakan software SPSS 11.0 for Windows.Pengolahan data dilakukan mcnggunakan statistik deskriptif untuk kuesioner identitasresponden dan pcrilaku konsumen. Setelah itu dilakukan uji dengan Crosslab untuk mengetahui karakteristik orang-orang yang membeli dan memakai pelumas. Pengolahan data selanjutnya adalah pengelompokan responden untuk kuesioner pertimbangan atribut. Pengolahan data ini dilakukan menggunakan analisa faktor dan analisa cluster dengan cara K-Means Cluster. Pengolahan data terakhir adalah peta posisi merek untuk kuesioner penilaian merek. Pengolahan data ini dilakukan menggunakan analisa faktor. Dari peta posisi ini dapat diketuhui bahwa Prima XP unggul pada atribut harga, kemasan, dan lokasi penjualan.Dari hasil pengolahan data dan analisa dapat diusulkan bahwa segmen yang terbentukadalah 3 segmen. Pasar sasnrannya adalah segmen 2 yang terdiri dari 31 orang (27 pria dan 4 wanita), mementingkan kesemua atribut dan frekuensi pembelian pelumas antara 1- 3 bulan sekali dengan harga pcmbelian sekitar Rp.80.00I,- s/d Rp.ll 0.000,-. Dari hasil peta posisi didapat 3 keunggulan Prima XP pada atribut harga, kemasan, dan lokasi penjualan. Maka, daput dibcrikan pemyataan pm:isi pelumas Priu1a XP yaitu: "HEBAT HEMAT". Untuk mcndukung pemyataan posisi tersebut diperlukan diferensiasi, yaitu perusahaan membcrik.an potongan harga pada saat-saat ter entu, membcrikan perbedaan dalam kemasan untuk memuduhkan penuangan, melokasikan Prima XP di jalur-jalur yang sering dilalui olch pcngguna kendaraan yang sering bepcrgian jauh, dan mcndirikan bengkel-bengkel dijalur-julur tersebut dengan memberi an fasilitas yang baik untuk kendaraan-kendaraan. Dengan hegitu, PT. PERTAMINA (Persero) darat mencapai target penjualan per tahunnya .

L Lubricant is one or necessity to maintain the vehicle. Prima XP i s one of the lubricants produced by PT. PERTAMINA (Perscro). Prima XP has rise in selling target 3% by the year, but that target never reached. There is only reach about 2% by the year. Base on that, so proposal-marketing strategy for Prima XP lubricant is necessar y.Research docs by spread introduction questioner to 30 respondents to know the important attributes ({Jr buy lubricant. The important attributes are quality, price,package, brand , selling location . present 6ift, advertisement , discount , and variation of volume package. Spread pretest research questioner to 30 respondents is the next research. Research continued by spread research questioner to I 00 respondent s at DKIJakarta area . Research questioner consist or five parts arc screening respondent,rcspondl!n t idl!ntity, consurm:r attitude, attrihutl!s considl!ration and brand evaluation.Data processing docs by using SPSS 11.0 for Windows Software. Data processing does by u sing descriptive statistic jor respondent identity and consumer attitudequestioner. After that, continue by Crosstab test to know people characteri stic that buy and used lubricant. Next data processing is grouping the responden t for attributes consideration questiom:r. This data processing docs by using factor analysis and cluster analysis with K -Means Cluster way. The last data processing is mapping brand position for brand evaluation questioner. This data processing does by using factor analysis. From this position mapping, Prima XP excellent in price, package, and selling location attributes.From data processing, result and analysis can propose that segment shaped is threesegments. The marketing target is segment 2 which consist of 31 people (27 men and 4 women). emphasize all attributes, and buying lubricant frequency among 1-3 months with purchasing price about Rp. 80.00 I,- s/d Rp.ll 0.000,-. From position mapping result,the excellent or Prima XP has been get in price, package, and sell ing location attributes. Therefore, the positioning statement for Prima XP lubricant is "INTENSE THRIFT". For suppo1t that positioning statement, differentiation is necessary that company give discount in certain moments, give difference in package for ease pouring, allocate Prima XP in strips that allen through by the vehicl e user which often go on a trip, and build workshops in that strips with give good facility for vehicles . Thus, PT. PERTAMINA (Pcrsero) can reach the selling target by the years.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?