Analisis pengaruh information and communication technologies (ict) literacy, e-filing, dan e-billing terhadap kepatuhan wajib pajak (studi kasus pada kantor pelayanan pajak pratama Jakarta Palmerah)
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruhInformation and Communication Technologies (ICT) Literacy, e-filing, dan e-billingTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner(Primer) yang dibagikan kepada Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor PelayananPajak Pratama Jakarta Palmerah dengan metode simple random sampling.Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftarsebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Palmerah. Sampelyang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Kuesioner di uji valditasdan uji reliabilitas sebelum penelitian. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah ujinormalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Ujihipotesis yang digunakan adalah uji koefisien determinasi (R²), dan uji regresiberganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifkan ICTliteracyterhadap peningkatan kepatuhan Wajib Pajak. Terdapat pengaruh signifkanpenggunaan e-filing terhadap peningkatan kepatuhan Wajib Pajak, terdapat pengaruhsignifkan penggunaan e-billing terhadap kepatuhan Wajib Pajak terdapat pengaruhsignifikan penggunaan ICT-literacy, e-filing, dan e-billing secara bersamaan terhadappeningkatan kepatuhan Wajib Pajak.
T This research examines to analyze the impact of Information andCommunication Technologies Literacy, E-Filing and E-Billing on TaxpayerCompliance. The research data was obtained from a questionnaire (Primary)distributed to taxpayers listed in Jakarta Palmerah Tax Office with simple randomsampling.The population of this research is the individual taxpayer who is registered asa taxpayer in Palmerah Jakarta Tax Office. The sample used in this study were 100respondents. Questionnaire on valditas test and reliability test before the study. Theclassical assumption used is normality test, multicollinearity, autocorrelation, andheteroscedasticity test. Hypothesis test used is the coefficient of determination (R ²),and multiple regression test.The results of this study indicate that there is significant influence on the ICTliteracyto increase tax compliance. There is significant influence on the use of e-filingto increase tax compliance There is no significant influence on the use of e-billing toincrease tax compliance There is a significant influence on the use of ICT-literacy, efiling,and e-billing simultaneously to increase tax compliance.