Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderating
P Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverageterhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi.Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh perusahaan manufaktur yangterdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2015 sampai dengan 2017. Jenis data yang digunakandalam penelitian ini adalah sekunder, yaitu dari laporan keuangan, annual report perusahaan sertalaporan keberlanjutan. Pengukuran pengungkapan corporate social responsibility menggunakanindeks laporan keberlanjutannya, yakni dengan memberikan skor pada pengungkapanpengungkapanstandar umum dan standar khusus laporan tahunan dengan menyesuaikan denganlaporan keberlanjutan Global Reporting Initiative gen 4 (GRI-G4). Berdasarkan analisis yangtelah dilakukan, diperoleh hasil bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadapnilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.Leverage berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate socialresponsibility memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
T This study aims to analyze the effect of profitability, firm size, leverage on firm value withcorporate social responsibility as a moderating variable. In this study the samples used were allmanufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) from 2015 to 2017. Thetypes of data used in this study were secondary, namely from financial statements, companyannual reports and sustainability reports. The measurement of corporate social responsibilitydisclosure uses its sustainability report index, namely by giving a score on general standarddisclosures and special standards for annual reports by adjusting to the sustainability report of theGlobal Reporting Initiative gene 4 (GRI-G4). Based on the analysis that has been done, theresults show that profitability has a positive and significant effect on firm value. Company sizehas a significant negative effect on firm value. Leverage has a positive but not significant effecton firm value. Corporate social responsibility strengthens the influence of profitability oncompany value.