Anteseden dan konsekuensi attitude towards green product
S Saat ini, banyak orang yang sadar akan kerusakan lingkungan dan penyebabnya, yang menyebabkan meningkatnya jumlah orang yang mengadopsi gaya hidup hijau dengan mengonsumsi produk-produk ramah lingkungan. Namun produk ramah lingkungan cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk normal dan itu mempengaruhi kesediaan konsumen untuk membayar harga premium untuk produk ramah lingkungan. Tesis ini membahas apakah ada pengaruh yang signifikan dari sikap terhadap produk hijau pada Kesediaan untuk Membayar, serta pengaruh signifikan dari Kolektivisme, Kepedulian Lingkungan dan Pengaruh Antarpribadi terhadap Sikap Menuju Produk Hijau. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden kepada konsumen The Body Shop di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Model (SEM).Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari sikap terhadap produk hijau pada kesediaan untuk membayar, pengaruh yang signifikan dari kolektivisme terhadap sikap terhadap produk hijau, pengaruh yang signifikan dari kepedulian lingkungan terhadap sikap terhadap produk hijau dan pengaruh yang signifikan dari Interpersonal. Pengaruh Terhadap Sikap Terhadap Produk Hijau.
N Nowadays, many people are aware of the environmental destruction and its causes, which lead to the increasing number of people who adopt green lifestyle by consuming environmentally friendly products. However green products tend to have higher price compared to normal products and it is influencing consumers’ willingness to pay a premium price for green products. This thesis discusses whether there is a significant effect of attitude towards green product on Willingness To Pay, as well as significant influence of Collectivism, Environmental Concern and Interpersonal Influence on Attitude Towards Green Products. Data obtained by distributing questionnaires to 200 respondents to consumers of The Body Shop in Jakarta. The sampling technique used was purposive sampling. The analytical method used to test the hypothesis is the Structural Equation Model (SEM).The results of hypothesis testing show that there is a significant effect of attitude towards green products on willingness to pay, a significant influence of collectivism on attitude towards green products, a significant effect of Environmental concern on attitude towards green products and a significant influence of Interpersonal Influence on Attitude Towards Green Products.