P
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan pengungkapancorporate social responsibility dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi.Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh perusahaan nonkeuanganyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014 sampai dengan2016. Jenis data yang digunkana dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitudata laporan keungan, annual report perusahaan serta laporan keberlanjutan.Pengukuran pengungkapan corporate social responsibility adalah melalui indekslaporan keberlanjutannya, yakni dengan cara pemberian skor pada pengukuranpengungkapan standar umum dan standar khusus laporan tahunan denganmenyesuaikan dengan pedoman laporan keberlnajutan Global Reporting Initiativegen 4 (GRI-G4). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwaprofitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.Pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilaiperusahaan. Profitabilitas dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasimemperkuat dan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengungkapancorporate social responsibility dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasimemperlemah dan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
T
This research aim to analise the influence of profitability and corporate socialresponsibility disclosure using size of firm as moderation variable. In this researchthe sample used are non-profitable ventures as listed in Bursa Efek Indonesia (BEI)in 2014 until 2016. Source of information used in this research are financialstatements, firms annual report, and sustainability reports. Corporate SocialResponsibility disclosure is measured by sustainability reports wich is given score bygeneral standard and specific standard in annual reports adjusted with directivesustainability Global Reporting Initiative gen 4 (GRI-G4) report. Build upon analisisfrom this research, writer can conclude that profitability weighs positive and hassignificant effect towards company values. Corporate Social Responsibilitydisclosure affected company values and weighs unsignificant towards companyvalues. Corporate Social Responsibility disclosure that uses company size asmoderation variable has unsignificant effect towards company values.