Analisis pengaruh elongasi rantai bucket dan optimalisasi rangkaian bucket thd laju pemindahan tanah pada kapal keruk II Karimata PT. Timah (persero)Tbk.
K Kegiatan penambangan timah salah satunya dengan menggunakan Kapal Keruk.Proses penambangan di Kapal Keruk menggunakan bucket yang berguna untukmenggali material bijih timah, dimana bucket tersebut disusun digabungkandengan ladder yang akan menjadi sebuah rangkaian yang akan menggali bijihtimah dan berputar seperti rantai, rantai bucket yang terus menerus berputar padasaat beroperasi akan menimbulkan keausan pada rantai bucket. Keausan padarantai bucket akan menyebabkan jarak antar bucket semakin panjang atau bisadisebut Kemuluran (Elongasi). Untuk menganalisis agar didapatkan produksiyang maksimal maka diperlukan pengolahan datapanjang steek dengan lajupemindahan tanah, dan besar Elongasi terhadap jumlah jam jalan sehingga dapatdisimpulkan bahwa, Perpanjangan steek rata-rata maksimum yang dapatditoleransi untuk pertambahan panjang steek keseluruhan adalah 990,4 mm danPersen Elongasi per jam yaitu sebesar 0,0104 % dari panjang keseluruhan rantaiatau sama dengan bertambah 12,82 mm/jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwapertambahan panjang steek rata-rata maksimal adalah 990,4 mm dan agar prosespenggalian dapat berjalan efisien maka disarankan agar pengukuran ataupengontrolan dilakukan berdasarkan jumlah jam jalan, sehingga panjang steekbisa lebih terkontrol dan kerusakan dibagian alat gali dapat dikurangi. Karenaapabila pertambahan panjang steek semakin besar akan menyebabkanbertambahnya panjang onderbocht yang akan mengakibatkan tidak optimalnyakemampuan alat gali.
T Tin mining activity is one of them by using Dredgers. The mining process atDredger uses a bucket which is useful for digging tin ore material, in which thebucket is arranged in combination with a ladder that will be a chain that willexcavate lead ore and spin like a chain, a continuous rotating bucket chain at thetime of operation will cause wear on chain bucket. Wear on the bucket chain willcause the distance between bucket length or can be called elongation (elongation).In order to analyze the maximum production result, it is necessary to process thedatapanjang steek with the rate of soil displacement, and the big elongation to thenumber of road hours so it can be concluded that, Maximum maximum tolerablesteam extension for the overall steam length increase is 990,4 mm and PercentThe hourly elongation is 0.0104% of the total length of the chain or equal to 12.82mm / hour. The result of the research shows that the average length of steek lengthis 990,4 mm and so the excavation process can run efficiently so it is suggestedthat the measurement or controlling is done based on the number of road hours, sothat the steek length can be more controlled and the damage of digging part can bereduced. Because if the increase in the length of the larger steaks will cause anincrease in the length of onderbocht which will result in not optimal the ability ofthe digging tool.