Hubungan pemberian ASI eksklusif dengan prestasi akademik pada anak Sekolah Dasar
P Pemberian ASI eksklusif sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Salah satu faktor yang dapat dipengaruhi dalam pemberian ASI eksklusif adalah kemampuan kognitif yang lebih baik di bidang pendidikan. Kemampuan kognitif yang lebih baik akan meningkatkan prestasi akademik seorang anak. Oleh karena itu, pemberian ASI secara eksklusif merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan presetasi akademik seorang anak. Desain studi penelitian ini dilakukan secara analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional yang diikuti oleh 300 anak di Sekolah Dasar Al – Azhar BSD yang dimulai dari bulan Oktober sampai November 2016. Pengumpulan data dengan memberikan kuisioner kepada responden untuk diberikan kepada ibunya yang meliputi karakteristik responden dan ibunya serta pemberian ASI eksklusif. Selain itu, pengumpulan data diambil secara data sekunder yaitu laporan hasil belajar (raport) responden yang terbaru. Penilaian pemberian ASI eksklusif, dilihat dari definisi literatur textbook, sedangkan interpretasi rapor responden menggunakan standar dari BNSP. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Chi-Square dengan batas kemaknaan α = 0,05, apabila p < 0,05, maka H0 yang berarti secara statistik terdapat hubungan yang bermakna pada software SPSS version 21.0 for Windows 8.1. Rentang usia anak SD Al-Azhar BSD adalah 8 - 12 tahun dengan frekuensi terbesar adalah anak yang tidak mendapatkan ASI eksklusif dengan prestasi akademik kategori baik yaitu sebanyak 52 anak. Sebesar 26,32% anak yang diberikan ASI eksklusif memiliki prestasi akademik dengan kategori baik dan sebesar 24,74% anak yang diberikan ASI eksklusif memiliki prestasi akademik dengan kategori sangat baik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif berhubungan dengan prestasi akademik (p=0,002). Terdapat hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan prestasi akademik anak.
E Exclusive breastfeeding is needed for infant development and growth. One of the factors that can be influenced in exclusive breastfeeding is better cognitive abilities in education. Better cognitive skills will improve a child's academic performance. Therefore, exclusive breastfeeding is an important factor in improving a child's academic presetation. The design of this study was an observational analytical study with a cross-sectional approach followed by 300 children at Al-Azhar BSD Elementary School starting from October to November 2016. Data collection by giving questionnaires to respondents to be given to their mothers which include the characteristics of respondents and mother and exclusive breastfeeding. In addition, data collection is taken in secondary data that is the most recent report of respondents (report). Assessment of exclusive breastfeeding, judging by the definition of textbook literature, while the interpretation of respondent report cards using the standards of BNSP. Analysis of this research data using Chi-Square test with significance limit α = 0.05, if p <0.05, then H0 which means statistically there is a significant relationship in software SPSS version 21.0 for Windows 8.1. Al-Azhar BSD elementary school age range is 8-12 years with the largest frequency is children who do not get exclusive breastfeeding with good category academic achievement of 52 children. A total of 26.32% of children exclusively breastfed have good academic achievement and 24.74% of children exclusively breastfed have excellent academic achievement. The results of data analysis showed that exclusive breastfeeding was associated with academic achievement (p = 0.002). There is a relationship between exclusive breastfeeding and child achievement.