Hubungan pola asuh ibu dengan perilaku makan pada siswa TK
A Anak pada usia prasekolah biasanya mengalami perkembangan psikis menjadi balita yang lebih mandiri, autonom dan dapat berinteraksi dengan lingkungannya,serta dapat lebih mengekspresikan emosinya. Di samping itu, anak usia tersebut juga cenderung senang bereksplorasi dengan hal-hal baru. Sifat perkembangan khas yang terbentuk ini turut mempengaruhi pola makan anak. Anak prasekolah adalah mereka yang berusia antara 3-6 tahun. Pada masa ini anak mengalami proses perubahan pola makan dimana anak pada umumnya mengalami kesulitan untuk makan. Kesulitan makan pada anak memiliki efek yang merugikan, bagi anak itu sendiri. Efek merugikan ini dapat berupa penambahan berat badan yang tidak sesuai, defisiensi nutrisi, serta pengurangan variasi asupan makan anak. Kesulitan makan dalam jangka waktu lama juga dapat menimbulkan kegagalan tumbuh pada anak serta keterlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Beberapa faktor dapat memicu timbulnya perilaku sulit makan, salah satu pemicu sulit makan adalah pola asuh ibu. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu dengan perilaku sulit makan pada anak usia prasekolah. Metode Penelitian menggunakan studi observational dengan pendekatan cross sectional atau potong silang dengan jumlah peserta penelitian sebanyak 280 responden yang memiliki anak usia prasekolah di 8 TK di Kecamatan Grogol Petamburan. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan kuesioner pola asuh ibu untuk menilai pola asuh dan kuesioner perilaku sulit makan. Variable yang diteliti adalah usia ibu, pendidikan terakhir, pola asuh, dan perilaku sulit makan pada anak. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate menggunakan uji ChiSquare yang kemudian diolah dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil analisis antara pola asuh ibu dengan perilaku makan pada siswa TK dengan uji Chi Square menunjukkan ada hubungan yang bermakna (p=0,000). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh ibu dengan perilaku makan pada anak usia prasekolah.
C Children at preschool age usually experience psychic development to be more independent, autonomous and can interact with their environment, and can more express their emotions. In addition, children of that age also tend to enjoy exploring with new things. The typical developmental traits that form this also affect the child's diet. Preschoolers are those aged between 3-6 years. At this time the child experiencing the process of dietary changes where children in general have difficulty to eat. Difficulty eating in children has an adverse effect, for the child itself. These adverse effects can include inappropriate weight gain, nutritional deficiencies, and reduced variation in child feeding intake. Difficulty eating in the long term can also cause failure to grow in children and delay in growth and development of children. Several factors can trigger the emergence of difficult to eat behavior, one of the triggers is difficult to eat is mother's parenting. The study was conducted to determine the relationship of mother's parenting pattern with difficult eating behavior in preschool children. Methods The study used observational studies with cross sectional or cross sectional approach with the number of study participants as many as 280 respondents who have preschool age children in 8 kindergartens in Grogol Petamburan Subdistrict. Data were collected by interview using a mother's parenting questionnaire to assess the parenting and questionnaire of difficult eating behaviors. The variables studied were maternal age, last education, parenting, and difficult eating behavior in children. Data analysis was done univariat and bivariate using ChiSquare test which then processed with level of significance 0,05. The result of analysis between mother parenting pattern with feeding behavior in kindergarten students with Chi Square test showed there was significant relation (p = 0,000). The conclusions of this study indicate that there is a relationship between mother's parenting patterns with eating behavior in preschoolers.