Pengaruh kesadaran perpajakan, pengetahuan dan pemahaman perpajakan, kualitas pelayanan pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kpp Pratama Jakarta Penjaringan
T Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen yaitu Kesadaran Perpajakan, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Jakarta Penjaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang.Hasil dari penelitian ini adalah variabel kesadaran perpajakan, pengetahuan dan pemahaman perpajakan, kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi sedangkan sanksi perpajakan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel kesadaran perpajakan, pengetahuan dan pemahaman perpajakan, kualitas pelayanan pajak, dan sanksi perpajakan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi
T The purpose of this research is to determine wheter taxpayer awarness, knowledge and understanding of tax laws, the quality of service tax authorities, tax penalties and level of comprehension affect the individual taxpayer compliance in KPP Pratama Jakarta Penjaringan. The population in this research are all the individual taxpayer in KPP Pratama Jakarta Penjaringan. The method that used in this research is primary data. The research is using a questionnaire to collect the data. Total respondent in this research are 100 individual taxpayers.The result of this research is taxpayer awarness, knowledge and understanding of tax laws, the quality of service tax and level of comprehension positively affect the individual taxpayer compliance. But tax penalties and level of comprehension negatively and no significant effect.