DETAIL KOLEKSI

Pengurutan pengerjaan dan perbaikan metode kerja loading komponen sepeda motor type hk untuk meminimasi makespan pada divisi pengecatan plastik


Oleh : Pinky Himawati

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Docki Sarawati

Pembimbing 2 : Rahmi Maulidya

Subyek : Manufacturing – Companies;Production – Process;Material handling

Kata Kunci : sorting work, component loading work, minimizing makespan

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2013_TA_TI_06309055_Halaman-Judul.pdf
2. 2013_TA_TI_06309055_Bab-1.pdf
3. 2013_TA_TI_06309055_Bab-2.pdf
4. 2013_TA_TI_06309055_Bab-3.pdf
5. 2013_TA_TI_06309055_Bab-4.pdf
6. 2013_TA_TI_06309055_Bab-5.pdf
7. 2013_TA_TI_06309055_Bab-6.pdf
8. 2013_TA_TI_06309055_Bab-7.pdf
9. 2013_TA_TI_06309055_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2013_TA_TI_06309055_Lampiran.pdf

P PT. XX merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur sepeda motor. Dalam memproduksi sepeda motor, PT. XX memproduksi komponen sepeda motor sendiri, komponen sepeda motor terbagi menjadi dua, yakni komponen berbahan baku plastik, dan komponen berbahan bakufero. Komponen sepeda motor berbahan baku plastik, diproses pada dua divisi, yakni divisi injeksi plastik dan divisi pengecatan plastik. Job diinjeksi pada divisi injeksi plastik, kemudia ditrasnfer menuju divisi pengecatan plastik. Permasalahan yang terjadi pada dua divisi ini, terdapat pada divisi pengecatan plastik, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan job, lebih besar dari waktu yang ditetapkan perusahaan. Hal tersebut terjadi karena banyak job yang telah selesai diinjeksi harus menunggu untuk setup pada divisi pengecatan plastik, setup pada divisi pengecatan plastik berupa loading job ke dalam lini pengecatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan 2 pendekatan, yakni pendekatan pengurutan job menggunakan metode first come first served dan pendekatan perbaikan metoda kerja loading dengan menggunakan peta tangan kanan tangan kiri. Setup job pada divisi pengecatan plastik adalah proses loading job untuk masuk ke dalam proses pengecatan plastik. Dengan perbaikan metode kerja loading, makespan pada stasiun 1 dari 463.5 menit menjadi 413 menit; stasiun 2 dari 439.49 menit menjadi 419.08 menit; stasiun 3 dari 400.5 menit menjadi 396.5 menit dan stasiun 4 dari 381.8 menit menjadi 365.3 menit. Sehingga makespan dapat memenuhi waktu yang ditetapkan perusahaan, yaitu 420 menit.

P PT. XX is one of the companies engaged in motorcycle manufacturing industry. In producing motorcycles, PT. XX produces its own motorcycle components, motorcycle components are divided into two, namely components made from plastic, and components made of raw materials. Motorcycle components made of plastic raw, processed in two divisions, namely the division of plastic injection and plastic painting division. The job was injected into the plastic injection division, then ditrasnfer to the plastic painting division. Problems that occur in these two divisions, there is in the plastic division, which is the time required to complete the job, greater than the time set by the company. This happens because many jobs that have been injected have to wait for setup in the plastic painting division, setup in plastic painting division in the form of job loading into the painting line. To overcome these problems, two approaches are used: job sorting approach using first come first served method and improvement approach of loading method using left hand right hand map. Setup job on the plastic painting division is the process of loading jobs to enter into the process of plastic painting. With improvement of loading work method, makespan at station 1 of 463.5 minutes to 413 minutes; station 2 from 439.49 minutes to 419.08 minutes; station 3 from 400.5 minutes to 396.5 minutes and station 4 from 381.8 minutes to 365.3 minutes. So makespan can meet the set time of the company, which is 420 minutes.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?