Peranan desain komunikasi visual dalam kampanye sosial antisipasi balap motor liar bagi remaja
P Penulisan ini dilatarbelakangi oleh rasa peduli dan perihatin penulis terhadapkenakalan remaja yang meresahkan dan menggangu aktivitas masyarakatsetempat dengan adanya aksi balap motor liar dimana daerah tempat merekatinggal, juga atas banyaknya angka kecelakaan dan kematian. Kenakalan remajaini terjadi karena beberapa factor luar dan dalam, seperti lingkungan, pergaulan,masalah dalam keluarga, serta ajang judi / mencari uang semata demi kepuasantersendiri.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metodedeskriptif, melalui penelitian secara kualitatif, serta menggunakan pendekatandesain komunikasi visual, yang bertujuan untuk mengurangi angka kematian.Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalahyang ada. Penulis terdorong untuk membuat sebuah kampanye sosial untukmenyadarkan dan memberikan informasi kepada anak remaja, orang tua sertamasyarakat tentang pentingnya keselamatan bagi diri sendiri dan juga orang lain,dengan membuat identitas visual sesuai dengan target sasarannya saatini,khususnya anak-anak remaja yang memiliki rasa keingintahuan yang besar,memiliki rasa gengsi yang tinggi juga rasa ingin ikut-ikutan teman yang lainnya.Hal tersebut menjadi salah satu landasan penulis merancang kampanye socialmengenai “AntisipasiBalap Motor Liar Bagi Remaja†untuk mewujudkankehidupan yang lebih baik.