Analisis ekonomi industri makanan dan minuman di Indonesia tahun 2009-2013
I Industri makanan dan minuman di Indonesia sangatlah pesat di ikuti oleh perkembangan zaman. untuk mengetahui perkembangan industri makanan danminuman di Indonesia dilihat dari struktur pasar, konsentrasi industri dan pangsapasar industri makanan dan minuman di dalam pasar perusahaan-perusahaanmakanan dan minuman di Indonesia berdasarkan total penjualan. Berdasarkan hasilkonsentrasi rasio (CR4) cukup tinggi dengan struktur pasar dalam industri makanandan minuman pada tahun 2009-2013 tergolong dalam oligopoli ketat. Perusahaandengan pangsa pasar terbesar tahun 2009-2013 adalah PT Mayora Indah, Tbk, PTMulti Bintang, Tbk, PT Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company, Tbk, PTTiga Pilar Sejahtera Food, Tbk. Sedangkan berdasarkan Indeks HerfindahlHirschman (IHH), kompetisi industri makanan dan minuman di Indonesia bersifatpersaingan dengan konsentrasi tinggi dan tidak kompetitif. Hal ini mendorongperilaku masng-masing perusahaan untuk melakukan strategi melawan pesaing,melakukan promosi-promosi dan inovasi-inovasi. Untuk meningkatkan kinerjaperusahaan makanan dan minuman dengan meningkatkan total penjualanny
F Food and beverage industry in Indonesia is rapidly followed by the times. to knowthe development of the food and beverage industry in Indonesian as the structure ofthe market, industry concentration and market share in the food and beverageindustry in the market firms in Indonesian food and beverage sales. results based onthe total concentration ratio (CR4) is high enough to market structure in the food andbeverage industry in the years 2009-2013 belong in a tight oligopoly. The companywith the largest market share in 2009-2013 is PT Mayora Indah Tbk, PT MultiBintang, Tbk, PT Ultra Jaya Milk Industry and Trading Company, Tbk, PT TigaPilar Sejahtera Food Tbk. While based on the Herfindahl Hirschman Iindeks (IHH),food and beverage industry competition in Indonesia is competitive with highconcentration and not competitive. This encourages each behavior of the companiesto undertake strategies against competitors, conduct promotions and innovations. Toimprove the performance of food and beverage companies to increase sales.