DETAIL KOLEKSI

Analisa pemeliharaan preventif pada suspensi heavy dump untuk mengurangi downtime dengan metode reliability centered maintenance


Oleh : Dany Nugraha Tantra

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Tono Sukarnoto

Pembimbing 2 : Sofia Debi Puspa

Kata Kunci : Downtime, FMEA, Heavy Dump, Preventive Maintenance, RCM, Suspension

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

P Pada dunia pertambangan, unit Heavy Dump (HD) sangat diperlukan untuk pengangkutan material. Suspensi pada kendaraan HD memegang peran krusial dalam menjaga stabilitas, kenyamanan, dan keandalan kendaraan ketika digunakan di lingkungan berat seperti tambang. Susunan suspensi bertugas menyerap dampak dan getaran yang muncul akibat medan yang tidak rata serta beban berat yang diangkut oleh kendaraan tersebut. Dalam kendaraan HD tertentu, seperti Komatsu HD 465-7, digunakan sistem suspensi hidrolik-pneumatik silinder yang berisi gas nitrogen dan minyak untuk menyerap beban atau getaran yang muncul dari permukaan jalan. Ketika kendaraan melalui jalur yang rusak atau bergelombang dengan kecepatan tinggi, dampak keras dari jalur yang tidak rata akan dirasakan, menunjukkan betapa vitalnya peran suspensi dalam menjaga komponen utuh, memberikan kenyamanan kepada operator, dan melindungi muatan dari kerusakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan perencanaan preventive maintenance pada suspensi di unit HD yang berada di PT. BUMA dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) supaya persentase downtime menurun dan juga memahami cara kerja dari sistem suspensi pada unit HD. Dalam merancang perencanaan pemeliharaan preventif yang sesuai, pendekatan RCM beserta beberapa metode terkait, termasuk Failure Modes and Effects Analysis (FMEA) untuk mengidentifikasi mesin kritis sebagai fokus analisis, lembar kerja RCM untuk menentukan kegiatan preventif yang tepat, dan pendekatan distribusi statistika untuk menentukan interval kegiatan preventif yang sesuai. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan melakukan perawatan preventif dengan interval waktu 370 jam setiap unit bekerja dan melakukan penyesuaian pada silinder suspensi.

I In the mining world, Heavy Dump (HD) units are very necessary for transporting materials. The suspension on HD vehicles had a crucial role in maintaining the stability, comfort, and reliability of the vehicle when used in tough environments such as mines. The suspension structure is tasked with absorbing impacts and vibrations that arise due to uneven terrain and the heavy loads carried by the vehicle. In certain heavy dump vehicles, such as the Komatsu HD 465-7, a cylindrical pneumatic hydraulic suspension system containing nitrogen gas and oil is used to absorb loads or vibrations that arise from the road surface. When a vehicle travels over a damaged or bumpy road at high speed, the harsh impact of the uneven road will be felt, showing how vital the suspension\\\'s role is in keeping components intact, providing comfort to the operator, and protecting the load from damage. The aim of this research is to optimize preventive maintenance planning for suspensions in HD units at PT. BUMA uses the Reliability Centered Maintenance (RCM) method so the downtime percentage can be reduced and also understands how the suspension system on the HD unit works. In designing appropriate preventive maintenance planning, the RCM approach along with several related methods, including Failure Modes and Effects Analysis (FMEA) to identify critical components to define the focus of analysis, RCM worksheets to determine appropriate preventive activities, and statistical distribution approaches to determine activity intervals appropriate preventive measures. The solution for this problem is doing a preventive maintenance at intervals of 370 hours based on its hour meter and make sure the adjusments to the suspension cylinder.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?