Penerapan metode support vector regression dengan algoritma grid search dalam melakukan peramalan penjualan produk susu
P Penelitian dilakukan pada gudang milik pribadi dengan penjualan produk susu selalu berada dalam urutan 5 besar dengan nilai penjualan tertinggi pada tahun 2021 hingga awal tahun 2023. Terdapat permasalahan dalam peramalan permintaan yang kurang akurat dibandingkan dengan permintaan aktual di pasar, yang kemudian berdampak signifikan terhadap operasional perusahaan. Analisis peramalan penjualan produk susu ini menjadi sangat penting dengan tujuan untuk menghindari kekurangan atau berlebihnya persediaan yang dapat mempengaruhi kinerja pada gudang dan operasional perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah membuat model peralaman penjualan menggunakan metode Support Vector Regression (SVR) serta menganalisis tingkat akurasi peramalan, membuat dashboard hasil peramalan menggunakan software Power Business Intelligence (Power BI), dan melakukan verifikasi dan validasi terhadap penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan perhitungan dengan metode SVR, diperoleh kernel terbaik yaitu kernel Linier dengan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) pada data training yaitu sebesar 1.749% yang termasuk dalam kategori peramalan yang sangat akurat dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,98, sedangkan untuk data testing, diperoleh hasil Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 0.843% yang termasuk dalam kategori peramalan yang sangat akurat dan nilai R-Squared sebesar 0,794 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan model peramalan Support Vector Regression yang digunakan dapat diaplikasikan secara efektif untuk peramalan penjualan produk susu.
R Research was conducted on privately owned warehouses with sales of dairy products always being in the top 5 with the highest sales value from 2021 to early 2023. There are problems in forecasting demand which is less accurate compared to actual demand in market, which then has a significant impact on company operations. Analysis of forecasting sales of dairy products is very important with the aim of avoiding shortages or excess inventory which can affect warehouse performance and company operations. The aim of this research is to create a sales experience model using the Support Vector Regression (SVR) method and analyze the level of forecasting accuracy, create a dashboard of forecasting results using Power Business Intelligence (Power BI) software, and verify and validate the research that has been carried out. Based on calculations with SVR, the best kernel was obtained, namely the Linear kernel with a Mean Absolute Percentage Error (MAPE) value on the training data of 1.749% which was included in the very accurate forecasting category and a coefficient of determination value of 0.98, while for testing data, it was obtained the Mean Absolute Percentage Error (MAPE) result was 0.843%. which is included in the very accurate forecasting category and the R-Squared value is 0.794 so it can be concluded that the ability of the Support Vector Regression forecasting model used can be applied effectively for forecasting sales of dairy products.