Perbedaan tingkat pengetahuan kaidah dasar bioetika dalam pengambilan keputusan etik : kajian pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (Laporan Penelitian)
L Latar Belakang: Seorang dokter dan dokter gigi yang berhubungan langsungdengan manusia sebaiknya tidak sekedar baik dalam pengetahuan teori danketerampilan klinis saja, tetapi harus memiliki sikap yang baik juga. Maka dari itupendidikan etika sangat diperlukan bagi profesi kedokteran dan kedokteran gigiagar menjadi kritis terhadap permasalahan-permasalahan medis dan mampudalam mengambil keputusan etik. Tujuan Penelitian: untuk mengetahuiperbedaan tingkat pengetahuan kaidah dasar bioetika Fakultas Kedokteran danFakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti dalam pengambilan keputusan etik.Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif denganobservasional analitik serta menggunakan rancangan potong silang. Sampel padapenelitian ini adalah Universitas Trisakti Fakultas Kedokteran sebanyak 68 orangdan Fakultas Kedokteran Gigi sebanyak 68 orang dari angkatan 2017-2019. HasilPenelitian: peneliti menguji hasil kuesioner dengan uji Mann Whitney didapatkannilai P > 0,05, yang berarti perbedaan pengetahuan kaidah dasar bioetika danpengambilan keputusan etik tidak berbeda bermakna. Kesimpulan: Penelitian inimenunjukkan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi memilikipengetahuan kaidah dasar bioetika yang sama baik dalam pengambilan keputusanetik sehingga tidak berbeda bermakna.
B Background: Doctors or dentists, who directly deals with humans, are expectedto not only be good in theoretical knowledge and clinical skills, but also have agood attitude as well. Therefore, basic bioethics education is needed in medicalfaculty and dentistry faculty students because they become critical of medicalproblems and able to make ethical decisions. Objective: to see a comparison ofthe level of knowledge of the students of the Faculty of Medicine and the Facultyof Dentistry on the basic rules of bioethics in ethical decision making. Methods:This research is quantitative reaseach with an observational analytic study usingcross sectional method. Results: Researcher examined the results of thequestionnaire by using Mann Whitney Test that showed P > 0.05, which meansthat differences in the level of knowledge of basic principles of bioethics and inethical decision making of medical faculty and dentistry faculty students does notdiffer significantly. Conclusion: medical faculty and dentistry faculty studentshave a good knowledge of basic principles of bioethics and in ethical decisionmaking which means it does not differ significantly.