DETAIL KOLEKSI

Desain eksperimen dengan menggunakan metode taguchi untuk mengurangi tingkat kecacatan produk brake shoe di PT. Chemco Harapan Nusantara Plant 1


Oleh : Prisma Cahaya Buana

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Triwulandari SD

Subyek : Taguchi methods (Quality control)

Kata Kunci : brake shoe, design of experiments, taguchi

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016_TA_STI_06310135_Halaman-Judul.pdf
2. 2016_TA_STI_06310135_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2016_TA_STI_06310135_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2016_TA_STI_06310135_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2016_TA_STI_06310135_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2016_TA_STI_06310135_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf
7. 2016_TA_STI_06310135_Bab-5_Pengolahan-Data.pdf
8. 2016_TA_STI_06310135_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
9. 2016_TA_STI_06310135_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2016_TA_STI_06310135_Lampiran.pdf

P PT. Chemco Harapan Nusantara merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi komponen braking system. Objek dari penelitian ini adalah brake shoe. Kualitas brake shoe dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu Tipe 1 dan Tipe 2. Permasalahan yang terjadi pada mesin Hot Press di PT. Chemco Harapan Nusantara plant 1 adalah setting yang biasa digunakan untuk melakukan proses produksi brake shoe masih menimbulkan cacat. Rata – rata persentase cacat berdasarkan data historis bulan Oktober 2014 – Desember 2014 adalah sebesar 18,08%, sedangkan persentase kecacatan yang paling besar adalah jenis cacat gompal dengan persentase sebesar 34,89%. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui setting yang paling optimal pada mesin hot press untuk mengurangi tingkat kecacatan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Design Of Experiment dan metode Taguchi. Variabel bebas dari penelitian ini adalah final pressure, daeration, temperatur, dan waktu pengeringan. Sementara variabel tak bebas adalah kekuatan dari brake shoe tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis, tingkat intensitas kemunculan, dan cacat pada produk brake shoe, menganalisa masalah yang menyebabkan timbulnya cacat dalam proses pembuatan produk brake shoe dan memberikan usulan perbaikan sebagai solusi untuk meningkatkan produksi dan kualitas pada produk brake shoe. Penelitian dilakukan berdasarkan data historis periode Oktober hingga Desember 2014, dimana didapatkan rata – rata persentase cacat gompal memiliki nilai yang paling tinggi yaitu 34.89 %. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi cacat gompal dan didapatkan penyebab masalah tersebut adalah setting mesin Hot Press yang kurang optimal. Pada penelitian kali ini, dilakukan eksperimen untuk mengurangi tingkat kecacatan pada brake shoe dengan cara mendapatkan setting mesin Hot Press yang optimal. Kemudian dibuat sampel sebanyak dua puluh untuk diukur kapabilitas prosesnya. Dari hasil pengukuran didapatkan nilai Cpk sebesar 0,87. Dan setelah dilakukan percobaan konfirmasi didapatkan nilai Cpk sebesar 1,88. Dikarenakan nilai dari Cpk > 1 maka dapat dikatakan proses memilik kapabilitas yang sangat baik dalam memenuhi spesifikasi. Dari hasil eksperimen Taguchi didapatkan setting mesin Hot Press yang optimal adalah faktor final pressure sebesar 240 bar, faktor dearation 500 milisekon, faktor temperatur sebesar1700 C, dan faktor waktu pengeringan selama dua jam. Dari hasil perhitungan pooling – up didapatkan hasil bahwa faktor waktu pengeringan bukan merupakan faktor signifikan yang mempengaruhi kekuatan brake shoe.

P PT. Chemco Harapan Nusantara is one company in Indonesia which produce braking system components. The object of this study is the brake shoe. The quality of brake shoe is divided into several categories, there are Type 1 and Type 2. The problems that occurred on the machine Hot Press in PT. Chemco Harapan Nusantara plant 1 is the setting used for the production process of brake shoe is still causing defects. Theaverage percentage of disability based on the historical data in October 2014 - December 2014 is 18.08%, while the percentage of disability is highest defect types chipped with a percentage of 34.89%. Therefore, further research is needed to determine the most optimal setting on a hot press machine to reduce the defect rate. The used method is the Design Of Experiment and Taguchi Methods. The independent variable of this research is the final pressure, daeration, temperature and drying time. While the dependent variable is the strength of the brake shoe. The purpose of this study is to identify the types, intensity level of appearance, and defects in the product brake shoe, analyze the problem that causes a defect in the product creation process of brake shoe and provide corrective suggestions as solutions to increase production and the quality of the product brake shoe. The study was conducted based on historical data the period October to December 2014, which found the average percentage of disability crack has the highest value is 34.89%. Interview techniques used to determine the factors that affect disabled chipped and found the cause of the problem is the machine's settings Hot Press were less than optimal. In the present study, carried out an experiment to reduce the rate of defects in brake shoe by getting Hot Press machine settings are optimal. Then created a sample of twenty to measure process capability. From the measurement results obtained Cpk value of 0.87. And after the trial confirmation obtained Cpk value of 1.88. Due to the value of Cpk> 1 then we can say the process of having an excellent capability to fulfill the specifications. Taguchi experimental results obtained from the machine's settings Hot Press optimal final factor is the pressure of 240 bar, 500 milliseconds dearation factor, temperature factor sebesar1700 C, and the time factor drying for two hours. From the calculation of pooling - up showed that the drying time factor is not a significant factor in the power brake shoe.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?