DETAIL KOLEKSI

Analisis risiko dalam perawatan mesin motor bakar internal pada laboratorium pengujian mesin universitas trisakti dengan metode failure mode and effects analysis (fmea)


Oleh : Alif Fiqhi Almahri

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Sjahrul Annas

Pembimbing 2 : Senoadi

Subyek : Maintenance;Industrial safety

Kata Kunci : Internal combustion engine, failure mode and effects analysis (FMEA), risk priority number (RPN)

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_STM_061002004016_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_STM_061002004016_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_STM_061002004016_BAB-1_Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_STM_061002004016_BAB-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2023_TA_STM_061002004016_BAB-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2023_TA_STM_061002004016_BAB-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2023_TA_STM_061002004016_BAB-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2023_TA_STM_061002004016_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2023_TA_STM_061002004016_Lampiran.pdf

a alah satu teknologi yang sampai saat ini masih dilakukan pengembangan pada industri otomotif adalah motor bakar. Agar performa motor bakar tetap bekerja maksimal, perlu dilakukannya perawatan berkala. Apabila unjuk kerja telah dilakukan, potensi kerusakan terhadap motor bakar tetap bisa terjadi. Perlu dilakukan analisis potensi kerusakan untuk mengetahui jenis kerusakan apa saja yang akan terjadi. Pada penelitian ini, studi kasus fokus pada mesin motor bakar Robin EY-08 pada Laboratorium Pengujian Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti dengan metode Failure Mode and Effects Analysis (FMEA). Metode FMEA diawali dengan menganalisis potensi kerusakan dan dampak kerusakan yang kemungkinan terjadi secara prediksi dan korektif pada seluruh komponen pendukung motor bakar sehingga didapatkan nilai Severity (S), Occurrence (O), dan Detection (D). Selanjutnya penentuan nilai Risk Priority Number (RPN) didapatkan dari hasil perkalian nilai Severity (S), Occurrence (O), dan Detection (D). Nilai RPN tertinggi sebesar 288 pada komponen Piston Ring dengan potensi kerusakan kebocoran pada ruang bakar dan keausan komponen. Rekomendasi kegiatan preventive maintenance yang dilakukan adalah melakukan penyesuaian pada putaran maksimal mesin saat beroperasi sehingga panas hasil gesek antara Piston Ring dan Cylinder Block mampu diminimalisir.

O One of the technologies that is still being developed in the automotive industry is the internal combustion engine. In order for the internal combustion engine to work at maximum performance, regular maintenance is necessary. Even after maintenance has been performed, potential damage to the internal combustion engine can still occur. An analysis of potential damage is necessary to determine what types of damage may occur. In this study, the case focuses on the Robin EY- 08 internal combustion engine at the Testing Laboratory of the Faculty of Industrial Engineering, Trisakti University, using the Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) method. The FMEA method begins with an analysis of potential damage and the predicted and corrective impact that may occur in all supporting components of the internal combustion engine, resulting in Severity (S), Occurrence (O), and Detection (D) values. The Risk Priority Number (RPN) is then determined by multiplying the Severity (S), Occurrence (O), and Detection (D) values. The highest RPN value is 288 for the Piston Ring component, with potential damage of leakage in the combustion chamber and component wear. The recommended preventive maintenance activity is to adjust the maximum engine speed during operation, minimizing the heat generated by friction between the Piston Ring and Cylinder Block.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?