DETAIL KOLEKSI

Identifikasi tingkat kepuasan pengguna Mass Rapid Transit terhadap fasilitas bangunan dan pelayanan stasiun MRT di Jakarta


Oleh : Aditya Triatama Hajanto

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Susi

Subyek : Building facilities - Quality control;Station service

Kata Kunci : MRT station, tap card, tapping machine.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_TS_051001400002_Halaman-Judul.pdf 21
2. 2020_TA_TS_051001400002_Bab-1.pdf 2
3. 2020_TA_TS_051001400002_Bab-2.pdf
4. 2020_TA_TS_051001400002_Bab-3.pdf
5. 2020_TA_TS_051001400002_Bab-4.pdf
6. 2020_TA_TS_051001400002_Bab-5.pdf
7. 2020_TA_TS_051001400002_Daftar-pustaka.pdf 1
8. 2020_TA_TS_051001400002_Lampiran.pdf

J Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia, menjadi pusat kegiatan khususnya padasektor ekonomi. Kemacetan adalah salah satu daftar utama masalah yang ada padaJakarta saat ini. Pemerintah DKI Jakarta menginginkan jenis angkutan atau modatransportasi yang bersifat massal, guna mempercepat dan membuat mobilitas tidakhanya cepat namun lebih efektif. Solusi yang telah ditentukan yaitu MRT (MassRapid Transit). Stasiun MRT Jakarta sangat perlu diperhatikan dari bagian luarhingga dalam stasiun, bukan hanya dari kebersihan dan kenyamanannya saja,melainkan akses yang mudah terjangkau hingga memperhatikan kebutuhan aksesuntuk kelompok disabilitas. Tingkat kepuasan pengguna sangat perlu diperhatikankarena hal ini yang sangat berpengaruh dalam keberlangsungan ataubertambahnya jumlah pengguna MRT sebagai pilihan moda transportasi.Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 130 dari 13stasiun MRT di Jakarta dengan analisis data menggunakan metode importanceperformance analysis (IPA). Hasil yang didapatkan berdasarkan metode IPA memiliki 7variabel yang harus diprioritaskan yaitu: 1) kemudahan pembelian dan pengisian tapcard; 2) keberadaan tapping machine; 3) keberadaan ruang ibu menyusui; 4) keberadaanmarka penunjuk arah bagi pengguna; 5) keberadaan marka penunjuk arah dalam stasiunbagi pengguna berkebutuhan khusus; 6) keberadaan kursi atau area prioritas bagipengguna berkebutuhan khusus; 7) kemudahan akses menuju stasiun.

J Jakarta as the capital city of Indonesia, is a center of activity, especially in the economicsector. Congestion is one of the main problems that exist in Jakarta this days. Thegovernment of Jakarta want the kind of transportation or mode of transportation which inorder to speed up and make mobilities not only fast but more effective. The solution thathas been determined is MRT (Mass Rapid Transit). Station MRT very necessary note tobe attentioned, not only from the hygiene and the comfort thing, but the access that isaffordable to the needs of the groups of disability. The level of satisfaction of users isvery necessary to be attentioned because these things are very influential in thecontinuation and increase in the number of users of MRT as the choice mode oftransportation. This research is using questionnaires in an amount of respondents asmany as 130 of the 13 stations of MRT in Jakarta with the analysis of the data using themethods of importance and performance analysis (IPA). The results were obtained basedon IPA method has 7 variables that must be prioritized: 1) the ease of purchase andfilling tap card; 2) the existence of a tapping machine; 3) the existence of space fornursing mothers; 4) existence of direction markers for users; 5) the presence of markerspointing toward the station for users with disabilities specifically; 6) the existence ofseats or priority areas for users; 7) easy access to the station.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?