Analisis perencanaan trase jalan raya dari daerah Hapung habupaten Padang Lawas hingga daerah Pagur kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara berdasarkan aspek geologi teknik
J Judul penelitian ini adalah Analisis perencanaan trase jalan raya dari daerah Hapung habupaten Padang Lawas hingga daerah Pagur kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara berdasarkan aspek geologi teknik. Tujuan dari penelitian adalah membuat trase jalan raya baru yang memiliki jarak tempuh yang lebih singkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif trase jalan raya yang terbaik dari 2 (dua) trase jalan yang ditarik berdasarkan kajian geologi teknik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei lapangan dengan membuat lintasan poligon terbuka yang biasanya digunakan untuk mengukur jalan, sungai, maupun irigasi. kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah 1. Alternatif jalan ke-1 memiliki panjang jalan +25km, sudut kelerengan yang dilewati 0% hingga 22% sehingga melewati lereng yang landai hingga lereng landaiagak curam, litologi yang dilewati ialah batupasir karbonatan, batupasir kuarsa, dan batupasir arenit dengan kondisi daya dukung tanah lunak-sangat lunak, dan melewati satuan geomorfologi perbukitan yang agak curam hingga curam. 2. Alternatif jalan ke-2 merupakan alternatif trase jalan awal yang dibuat berdasarkan data sekunder memiliki panjang jalan +20km, sudut kelerengan yang dilewati 0% hingga 33% sehingga melewati lereng yang landai hinggga lereng curam. 3. Alternatif jalan terbaik berdasarkan aspek geologi dan geologi teknik ialah alternatif ke-1 dengan keunggulan memiliki sudut kelerengan yang cocok dengan standar jalan yaitu kurang dari 25%, meskipun terdapat kondisi daya dukung sangat lunak dan batuan yang sedikit lapuk dan memiliki panjang jalan yang 5km lebih panjang dari alternatif jalan ke-2.
T The title of this research is the analysis of road trace planning from Hapung area of ​​Padang Lawas to Pagur area of ​​Mandailing Natal district of North Sumatra based on technical geology aspect. The purpose of the study is to create a new highway trase that has a shorter mileage. The purpose of this study is to provide the best alternative road trace of 2 (two) road trails drawn based on engineering geological studies. The method used in the research is a field survey method by making open polygon paths normally used to measure roads, rivers, and irrigation. The conclusions of the results of the research undertaken are 1. The 1st road alternative has a path length of + 25km, the angle of the slopeSkipped 0% to 22% so that it passes a sloping slopes to the slopes of the rampSteep, diluted lithology is carbonate sandstone, quartz sandstone, andArenite sandstones with soft soil bearing capacity, and pass throughGeomorphological units of the hills are somewhat steep to steep. 2. Alternative road to-2 is an alternative to the initial road trace that is made based on secondary data has a length of road + 20km, sloping angle of 0% to 33% passing through a sloping slope to a steep slope. 3. The best road alternative based on the geological and geological aspects of the technique is the 1st alternative with the advantage of having a slope angle that matches the road standard that is less than 25%, although there is a very soft carrying capacity and a slightly weathered rock and has a road length of 5km Longer than the 2nd road alternative.