Implementasi animasi robot menggunakan opengl dengan menerapkan struktur hirarki
Penerbit : FTI - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2008
Pembimbing 1 : Ratna Sofiati
Subyek : Information systems;Telecommunication
Kata Kunci : openGL, projection, shading, rotation and scaling
Status Posting : Published
Status : Tidak Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2008_TA_SIF_06403053_Halaman-Judul.pdf | ||
2. | 2008_TA_SIF_06403053_Lembar-Pengesahan.pdf | ||
3. | 2008_TA_SIF_06403053_Bab-1_Pendahuluan.pdf | ||
4. | 2008_TA_SIF_06403053_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf |
|
|
5. | 2008_TA_SIF_06403053_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf |
|
|
6. | 2008_TA_SIF_06403053_Bab-4_Implementasi.pdf |
|
|
7. | 2008_TA_SIF_06403053_Bab-5_Daftar-Pustaka.pdf | ||
8. | 2008_TA_SIF_06403053_Daftar-Pustaka.pdf |
K Kemampuan komputer grafis kini semakin tidak terbendung. Konvergensi antara teknologi komputer , telekomunikasi, elektronika, media massa, dengan budaya dan seni membuat komputer grafts tidak mungkin dipandang sebelah mata. Kemampuan komputer grafis masih digunakan dalam berbagai bidang. Misalnya dalam bidang percetakan (desain grafis), penyiaran televisi, CD ROM interaktif (multimedia), dalam pembuatan rancang-bangun gedung (arsitektur).Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan suatu animasi lalu diimplementasikan ke dalam studi kasus tugas akhir. Studi kasus yang digunakan adalah mengimplementasikan suatu animasi dengan menggunakan OpenGL sebagai library-nya. Dalam hal ini, penerapan yang dilakukan dalam membuat objek animasi adalah dengan menggunakan penerapan struktur hirarki . Penggunaan struktur hirarki merupakan kunci dalam pembuatan objek robot. Pencahayaan, proyeksi 3-dimensi, objek 3-D dan pewamaan yang didukung dalam penggunaan fungsi-fungsi OpenGL. Oleh karena itu, implementasi animasi robot dapat terbentuk dan dibuat.Hasil dari penerapan struktur hirarki ini adalah dengan menggunakan satu objek, bisa membuat berbagai macam objek yang dibutuhkan dalam pembuatan objek robot. Lalu menambahkan rotasi dan translasi yang dibutuhkan dalam pembuatan animasi robot betjalan.
T The graphic computer capacity currently increasingly is not stemmed. Convergence between computer technology, the telecommunications, electronics, the mass media, and the culture and art made the computer graphic was not possible to be gazed at an eye. The graphic computer capacity was still being used in various fields. For example in the printing house field (the graphic design), the broadcasting of television, CD ROM interactive (multimedia), in the production drafted-get up the building (architecture).The topic of this fmal project that was done is how to made some animation then implemented in the task case study of the end. The case study that was used was implementation some animation used OpenGL as the library. In this case, the application that was carried out in making the object animation was by using the application of the structure of the hierarchy. The use of the structure of the hierarchy was the key in the production of the object of the robot. The illumination, the projection 3-dimension, the object 3-D and the coloration that was supported in the use of functions of OpenGL. Therefore, the implementation animation the robot could be formed and made.The result of the application the structure of this hierarchy of being by using one object, could make various objects needed in the production of the object of the robot. Then added the rotation and the translation that were needed in animation production.