DETAIL KOLEKSI

Desain interior departemen program studi desaini interior pada Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Trisakti di Jakarta Barat


Oleh : Frensa Kurniawan

Info Katalog

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Asih Retno Dewanti

Pembimbing 2 : Resky Annisa Damayanti

Subyek : Campus planning - Interior decoration

Kata Kunci : Faculty of Design Building, interior design, interior design study program

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_SDI_091101800018_Halaman-Judul.pdf
2. 2022_TA_SDI_091101800018_Lembar-Pengesahan.pdf 4
3. 2022_TA_SDI_091101800018_Bab-1_Pendahuluan.pdf 5
4. 2022_TA_SDI_091101800018_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 25
5. 2022_TA_SDI_091101800018_Bab-3_Metode-Penelitian.pdf 3
6. 2022_TA_SDI_091101800018_Bab-4_Hasil-Penelitian.pdf 30
7. 2022_TA_SDI_091101800018_Bab-5_Konsep-Perancangan-Interior.pdf 20
8. 2022_TA_SDI_091101800018_Bab-6_Kesimpulan.pdf 2
9. 2022_TA_SDI_091101800018_Daftar-Pustaka.pdf 3
10. 2022_TA_SDI_091101800018_Lampiran.pdf 57

I Indonesia memiliki 3 jalur pendidikan yaitu, formal, non formal, dan inklusi.Salah satu jalur pendidikan yang umum ditempuh oleh masyarakat adalahpendidikan formal. Pendidikan formal terbagi berdasarkan jenjang, yaitupendidikan dasar, pendidikan menegah, dan pendidikan tinggi. Perguruan tinggiadalah tempat dilaksanakannya pendidikan tinggi yang merupakan jenjang akhirdari pendidikan formal. Terdapat berbagai bentuk dari perguruan tinggi,diantaranya adalah politeknik, sekolah tinggi, institut, atau universitas. UniversitasTrisakti merupakan perguruan tinggi dengan 9 (sembilan) fakultas dan berbagaiprogram studi yang tersedia. Gedung fakultas dibuat sesuai dengan kebutuhan dankarakteristik program studi serta mempunyai fasilitas yang menunjang kurikulum.Mengacu pada topik penelitian desain interior Fakultas Seni Rupa danDesain Universitas Trisakti dirasa belum menggambarkan identitas dankarakteristik dari Prodi Desain interior dan perlu penyesuaian untuk mahasiswasebagai pelajar. Untuk itu perencanaan dengan tema “Creativity Sparks” ini,diharapkan dapat memberikan semangat agar mahasiswa prodi desain interior dapatmemancarkan kreativitas dalam perencanaan desain. Konsep ini dirasa dapatmerepresentasikan identitas dan mewujudkan visi untuk dari prodi Desain InteriorUniversitas Trisakti itu sendiri. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatifdengan melalui tahapan survei, observasi, dan dokumentasi. Selain untukmenggambarkan identitas instansi, pemilihan tema ini diyakini mampumemfasilitasi kegiatan pembelajaran sehingga membuat penggunanya merasanyaman dan meningkatkan produktivitas serta membangkitkan rasa apresiasibudaya lokal dengan suasana yang mendukung untuk pembelajaran yang kreatifserta mengikuti perkembangan zaman.

I Indonesia has three educational paths, namely, formal, non-formal, andinclusive; amongst them, the most common is formal education. Based on its level,formal education consists of elementary education, secondary education, andhigher education. Higher education institution is the highest level of formaleducation which consists of various forms including polytechnics, institutes, anduniversities. Universitas Trisakti is a university with 9 (nine) faculties and diversestudy programs available. The faculty building is made according to the needs andcharacteristics of the study program and has facilities that support the curriculum.Referring to the research topic, the interior design of the Faculty of FineArts and Design Universitas Trisakti has not demonstrated the identity andcharacteristics of the Interior Design Study Program and needs adjustments forstudents as learners. For this reason, the plan with the theme "Creativity Sparks"is expected to inspire students of interior design study programs to radiatecreativity in design planning. This concept can represent identity and realize thevision of the Universitas Trisakti Interior Design study program itself. The methodused is descriptive qualitative by going through the stages of the survey,observation, and documentation. In addition to describing the identity of the agency,the choice of this theme is believed to be able to facilitate learning activities to makeusers feel comfortable and increase productivity as well as generate a sense ofappreciation for local culture with an atmosphere that supports creative learningand keeps up with the times.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?