Sekolah sekolah Pengembangan Kreatifitas Anak Senayan (Children Creativity Development School, Senayan)
Penerbit : FALTL - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2001
Pembimbing 1 : S. Rahardjo
Subyek : Children School
Kata Kunci : The Children's Creativity Development School , children's creativity, outdoor facility
Status Posting : Published
Status : Lengkap
| No. | Nama File | Hal. | Link |
|---|---|---|---|
| 1. | 2001_TA_SAL_08196081_Halaman-Judul.pdf | ||
| 2. | 2001_TA_SAL_08196081_Lembar-Pengesahan.pdf | ||
| 3. | 2001_TA_SAL_08196081_Bab-1_Pendahuluan.pdf | ||
| 4. | 2001_TA_SAL_08196081_Bab-2_Studi-kepustakaan.pdf |
|
|
| 5. | 2001_TA_SAL_08196081_Bab-3_Identifikasi-potensi.pdf |
|
|
| 6. | 2001_TA_SAL_08196081_Bab-4_Program-pengembangan.pdf |
|
|
| 7. | 2001_TA_SAL_08196081_Bab-5_Konsep.pdf |
|
|
| 8. | 2001_TA_SAL_08196081_Bab-6_Hasil-rancangan.pdf |
|
|
| 9. | 2001_TA_SAL_08196081_Daftar-Pustaka.pdf | 1 | |
| 10. | 2001_TA_SAL_08196081_Lampiran.pdf |
|
P Perkembangan kota Jakarta yang semakin padat menyebabkan kurangnya tempat bermain yang aman bagi anak-anak, dan sebagai tempat untuk mengembangkan minat, bakat, kreatifitas serta rasa sosial anak terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Pemikiran inilah yang melatarbelakangi munculnya ide perancngan lansekap sekolah pengembangan kreatifitas anak di Senayan. Dengan pertimbangan potensi dan kendala yang ada pada tapak, maka proses perancangan dapat dijalankan. Proses perancangan ini dilaksanakan dengan memperhatikan dari 4 aspek yaitu ruang, bentuk, ekonomi dan waktu. Sekolah pengembangan kreatifitas anak merupakan suatu wadah yang dibuat dari penggabungan antara pendidikan pra sekolah, taman kanak - kanak, kelompok bermain dan sanggar kreatifitas, yang gnanya untuk menampung segala kegiatan pendidikan non formal untuk anak - anak umur 2 - 12 tahun. Pembagian area berdasarkan tahap perkembangan abak yang juga mendasari konsep dari perancangan sekolah pengembangan kreatifitas ini, yaitu terdiri dari dua area. Untuk konsep ruang, bnetuk, tata hijau sirkulasi dan sistem utilitas disesuaikan dengan teori perancangan sekolah sekolah dan teori - teori perkembangan anak. Sekolah pengembangan kreatifitas ini memiliki bentuk bangunan yang menarik, letaknya yang strategis sehingga diharapkan banyak anak -anak yang datang ke sekolah tersebut, hal itu didukung dengan fasilitas fasilitas ruang luar yang di dalamnya terdapat unsur - unsur permainan yang menantang. Begitu juga dalam pemilihan tanaman, material dan warna yang menarik, menjadikan sekolah ini memiliki identitas sebagai tempat untuk mengembangkan kreatifitas anak.
T The fast growing development of Jakarta leads to the lack of space for children to develop their interet, talents, creativity, and social sense towards society and environment. This become the background of The Children's Creativity Development School in Senayan. By carefully considering all the site's opportunities and constraint, the design process can be exucuted. The process was done after an attentive look upon these four aspect: space, form, economy, and time. The Children's Creativity Development School is a place designed to merge the program from pre- school, kindergarten, play groups, and creativity groups. This will enable the school to accommodate all non - formal education activity for children 2 to 12 years old of age. The division of area into 2 areas was based on the phase of children's growth which is also become the foundation of the design's concept. The space, form, vegetation, circulation, and utility -system concepts was adjust to the theory of school designing and the theory of children's development. The Children's Creativity Development School is exoected to atrract a lot of children to come for the reason of its interesting building form and its strategic location. This is also supported by the outdoor facility that has a lot of challenging spot for games and playing - activity. In addition , the selection of interesting vegetation, material , and color, will also establish an identity for this school as a place to develop childrens creativity.