DETAIL KOLEKSI

Pengukuran kepuasan kerja karyawan produksi serta usulan perbaikannya pada PT. Tanah Tinggi Garmindo Jakarta

2.0


Oleh : Jondra

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2004

Pembimbing 1 : Hamzah Yunuzir

Subyek : Job satisfaction

Kata Kunci : job satisfaction, production employees, PT. Tanah Tinggi Garmindo, Jakarta

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2004_TA_TI_06300080_Halaman-Judul.pdf 17
2. 2004_TA_TI_06300080_Bab-1.pdf 4
3. 2004_TA_TI_06300080_Bab-2.pdf
4. 2004_TA_TI_06300080_Bab-3.pdf
5. 2004_TA_TI_06300080_Bab-4.pdf
6. 2004_TA_TI_06300080_Bab-5.pdf
7. 2004_TA_TI_06300080_Bab-6.pdf
8. 2004_TA_TI_06300080_Bab-7.pdf
9. 2004_TA_TI_06300080_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2004_TA_TI_06300080_Lampiran.pdf

P PT. Tanah Tinggi Garmindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri garmen/penjahit pakaian jadi. Persaingan yang ketat antara perusahaan­ perusahaan sejenis mendorong pihak perusahaan untuk meningkatkan produktivitasnya. Salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan sangat dipengaruhi oleh faktor suml?er daya manusia sebagai perencana, pelaku, dan dasar aktivitas perusahaan. Kepuasan kerja seseorang akan mempengaruhi prestasi kerja mereka pada perusahaan.Pentingnya kepuasan kerja dalam menentukan keberhasilan perusahaanmembuat setiap perusahaan untuk memperhatikan aspek-aspek kepuasan kerja yang dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawannya Dengan adanya peningkatan kepuasan kerja, pihak perusahaan berharap dapat meningkatkan performansi karyawan yang pada gilirannya akan meningk:atkan performansi perusahaan.Pengukuran kepuasan menggunakan kuesioner kepuasan kerja MinnesotaSatisfaction Questionnaire (MSQ). Sedangkan untuk data tingkat kehadiran diperoleh dari data-data yang ada pada perusahaan. Data-data yang diperoleh tersebut kemudian diolah dengan menggunakan ilmu statistik yaitu statistik deksriptif (mean), uji crosstab, uji koefisien korelasi.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa aspek yang masih beradapada level kurang puas dan ada beberapa aspek yang berada pada level cukup puas. Aspek-aspek yang berada pada level kurang puas adalah aspek promosi, aspek jaminanlperasaan aman dan aspek kompensasi. Sedangkan aspek yang berada pada level cukup puas adalah aspek kebijaksanaan perusahaan, aspek gaya kepemimpinan atasan, aspek tanggung jawab, aspek variasi pekerjaan, aspek penghargaan, aspek ternan kerja, aspek nilai moral, aspek penggunaan kemampuan, aspek prestasi, aspek keaktifan dalam bekerja, aspek otoritas, aspek kreativitas, aspek kemampuan atasan, aspek kondisi lingkungan kerja, aspek pelayanan sosial, aspek status sosial dan aspek kemandirian. Sedangkan untuk aspek-aspek tertentu memiliki hubungan dengan identitas responden .Langkah yang diambil dalam rangka implementasi perbaikan tingkat kepuasankerja adalah memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai saran, keluhan dan kritikan dari setiap tenaga keija atas berbagai aspek kerja di perusahaan melalui kotak saran ataupun langsung dari atasan mereka, melakukan pemantauan ataupun evaluasi secara periodik terhadap berbagai segi kepuasan kerja karyawan, menjalin kerja sama yang baik antara karyawan dengan pihak perusahaan sehingga tercipta suasana kerja yang saling membantu dan mendukung.

P PT. Tanah Tinggi Garmindo is a garment manufactures industry company. Tight emulation between of the same kind company push the company to increase its productivity . One of company efficacy determinant by factor of human resource as planner, perpetrator, and the company activity base. Job satisfaction will influence their labour capacity at company.The satisfaction work in determining efficacy of company make each company payattention to aspect of job satisfaction which can improve satisfaction work of its employees. With existence of job satisfaction improvement, company hope can improve performansi of employees which in turn will improve performansi company.Satisfaction measurement using questionnaire satisfaction of MinnesotaSatisfaction •Questionnaire (MSQ). And the attendance data obtained from data on company. Then processed by using statistics that is statistical deksriptif (mean), crosstab test, correlation coefficient test.Result from research indicate that there are some aspect which still be at level lesssatisfy and there are some aspect which be at level enough satisfy. Aspect which be at level less satisfy is promotion aspect, aspect of safeness and the compensation aspect. The aspect which be at level enough satisfy is aspect of company wisdom, aspect of style of superior leadership, responsibility aspect, aspect of work variation, recognition aspect, aspect of co-worker, aspect moral value, aspect of ability utilization, achievement aspect, aspect of activity in working, authority aspect, creativity aspect, aspect of supervision­ technical, aspect of working conditions, social services aspect, aspect of social status and the independence aspect. For the certain aspect there are relation with responder identity.Step taken in order to repair implementation satisfaction work is pay attention andconsider various suggestion, criticism and sigh from each labour for various aspect work in company through suggestion box or direct from their superior, monitoring or evaluate to various job satisfaction periodically, constructing good cooperation between employees and company .

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?