Analisis perbandingan kekuatan rangka bodi brt (bus rapid transit) menggunakan rangka dinding cembung dan dinding datar dengan metode elemen hingga
Penerbit : FTI - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2023
Pembimbing 1 : Tono Suharnoto
Pembimbing 2 : Jamal M Afiff
Subyek : Transportation engineers
Kata Kunci : Frame, bus body, flat wall, convex wall, MEH
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2023_TA_STM_061002104008_Halaman-Judul.pdf | ||
2. | 2023_TA_STM_061002104008_Lembar-Pengesahan.pdf | ||
3. | 2023_TA_STM_061002104008_Bab-1_Pendahuluan.pdf | ||
4. | 2023_TA_STM_061002104008_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf |
|
|
5. | 2023_TA_STM_061002104008_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf |
|
|
6. | 2023_TA_STM_061002104008_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf |
|
|
7. | 2023_TA_STM_061002104008_Bab-5_Kesimpulan.pdf | ||
8. | 2023_TA_STM_061002104008_Daftar-Pustaka.pdf | ||
9. | 2023_TA_STM_061002104008_Lampiran.pdf |
|
P Pembimbing II : Ir. Jamal M. Afiff, M.Eng.Transportasi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, sehingga kebutuhan akan transportasi semakin meningkat terutama jenis transportasi darat seperti sepeda motor, mobil, bus dan truk. Salah satu angkutan umum yang banyak digunakan dan memiliki kapasitas yang cukup besar adalah bus. Bus Rapid Transit (BRT), memiliki jalur khusus yang terpisah dari kendaraan pribadi atau publik lainnya selain transjakarta. BRT memiliki pintu dengan sistem otomatis sehingga perlunya penyesuaian rangka bodi bus yang datar untuk memaksimalkan agar tidak memakan ruangan, berbeda dengan bus antar kota yang masih menggunakan rangka dengan struktur cembung. Melihat dari dua jenis struktur rangka bodi yang berbeda perlunya perbandingan dan analisa yang dilakukan untuk mengetahui jenis struktur rangka bodi mana yang lebih baik dalam menahan beban statik yang diberikan, sehingga dapat menjadi pertimbangan kedepan dalam memilih struktur rangka yang tepat untuk transportasi bus. Metode elemen hingga digunakan pada penelitian ini untuk melihat defleksi dan tegangan yang dapat ditahan oleh struktur rangka bodi bus dinding cembung dan dinding datar, penelitian ini menggunakan aplikasi ANSYS untuk mengaplikasikan model rangka yang dibuat dan melihat deformasi yang terjadi pada model rangka tersebut. Hasil pembebanan dari atas menunjukan pilar rangka bodi dinding cembung lebih baik dalam menahan beban ditunjukan pada tegangan ekuivalen 7,93 MPa dan rangka bodi bus dinding datar 8,93 MPa, hasil total deformasi dan deformasi arah sumbu x dari kedua jenis rangka sangat kecil yakni kurang dari 1 mm. kemudian pembebanan arah samping atau arah x horizontal menunjukan rangka bodi dinding cembung lebih baik dalam menahan beban ditunjukan pada tegangan ekuivalen 113,46 MPa dan rangka bodi bus dinding datar 230 MPa dan pada hasil total deformasi dan deformasi arah sumbu x dari kedua jenis rangka sangat kecil yakni yang terbesar 21,65 mm.
T Transportation has an important role in human life, so that the need for transportation is increasing, especially types of land transportation such as motorbikes, cars, buses and trucks. One of the public transportations that is widely used and has a large enough capacity is the bus. Bus Rapid Transit (BRT), has a special lane that is separate from other private or public vehicles besides Transjakarta. BRT has doors with an automatic system so that it is necessary to adjust the flat body frame of the bus to maximize it so that it does not take up space, in contrast to inter-city buses which still use frames with a convex structure. Seeing the two different types of body frame structures, it is necessary to carry out comparisons and analyzes to find out which type of body frame structure is better at holding a given static load, so that it can be a future consideration in choosing the right frame structure for a transportation bus. The finite element method was used in this study to see the deflections and stresses that can be withstood by the convex wall and flat wall bus frame structures. This study used the ANSYS application to apply the frame model that was made and see the additions that occur to the frame model. The loading results from above show that the pillars of the convex wall body frame are better at holding the load shown at the equivalent stress of 7.93 MPa and the flat wall bus body frame is 8.93 MPa, the total results of doubling and doubling the x-axis direction of the two types of frames are very small, namely less than 1mm. then the loading in the side direction or the horizontal x direction shows that the convex wall body frame is better at holding the load shown at the equivalent stress of 113.46 MPa and the flat wall bus body frame is 230 MPa and the results for the total pixels and repeating the x-axis direction of the two types of frames are very small, namely the largest 21.65 mm.