Perancangan dan pengukuran crm scorecard pada PT Gajah Mungkur Sejahtera
P PT Gajah Mungkur Sejahtera berusaha agar layanan yang diberikan kepadapenumpang sesuai dengan kuesioner, agar kepuasan penumpang meningkat danloyalitas penumpang dapat dipertahankan. Untuk mewujudkan hal tersebut, perusahaanini melakukan praktek pengelolaan hubungan dengan penumpang atau CustomerRelationship Management (CRM). Namun, pada saat ini pihak manajemen belummengukur kinerja secara menyeluruh terhadap praktek CRM yang telah dilakukan. Olehkarena itu, PT Gajah Mungkur Sejahtera memerlukan suatu alat ukur kinerja yangdapat mengukur kinerja CRM perusahaan. Metode pengukuran kinerja CRM yangsesuai untuk PT Gajah Mungkur Sejahtera, adalah metode CRM Scorecard yangmempunyai perspektif berfokus kepada penumpang. Penelitian ini dimulai dengan pembuatan kuesioner yang mengukur tingkatkepentingan dan tingkat kepuasan untuk mengetahui atribut yang tingkatkepentingannya diatas rata-rata tetapi tingkat kepuasannya dibawah rata-rata, yangdapat dilihat pada kuadaran I (IPM). Atribut pada kuadran I ini digunakan untukmenentukan inisiatif yang perlu dilakukan untuk meningkatkan customer satisfaction.Tahapan selanjutnya adalah perancangan model CRM Scorecard dimulai denganpenerjemahan visi, misi, strategi CRM ke strategi CRM Scorecard perusahaan dantujuan strategi yang saling berkaitan dan dapat dilihat dari strategy map ke dalam 4perspektif CRM Scorecard, yaitu Customer Value, Customer Satisfaction, CustomerInteraction, dan Customer Knowledge. Menetapkan tolok ukur, target, dan inisiatifstrategi. Setelah itu, dilakukan pembobotan untuk setiap tujuan strategis yang didorongoleh lebih dari 1 tujuan dengan menggunakan Expert Choice dan memanfaatkan matriksperbandingan berpasangan (Pairwise Comparison). Pengukuran dilakukan denganpenilaian kondisi aktual terhadap target yang ditetapkan. Nilai kinerja CRM PT GajahMungkur Sejahtera adalah 3,14 atau dinilai “cukup baikâ€. Sehingga kinerja CRMperusahaan perlu ditingkatkan khususnya pada tujuan strategis peningkatan jumlahpenjualan dan peningkatan jumlah penumpang, peningkatan kualitas pelayanan danpeningkatan pemahaman terhadap penumpang. Inisiatif yang perlu dilakukan yangberasal dari kuadran I IPM kondisi terminal yang digunakan, fasilitas ruang tungguyang nyaman, adanya petugas keamanan, kesopanan dalam proses pelayanan
P PT Gajah Mungkur Sejahtera tried to make the services provided to passengersin accordance with the questionnaire, to increase customer satisfaction and to maintainloyalty. To make this happened, this company implemented different managementpractices with their customers or Customer Relationship Management (CRM).However, in order to achieve their goal, they had to measure overall performancedirected towards the practice that had already been done. As a result, PT GajahMungkur Sejahtera needed some performance measuring equipments to measure theCustomer Relationship Management's (CRM) performance. One suitable CRM’sperformance measurement method to initiate this is called "scorecard" which focuses oncustomers’ needs. The study began with the making of a questionnaire that measures the level ofinterest and the level of satisfaction to know the attributes of importance above averagebut the level of satisfaction was below average, which could be seen in quadrant I(IPM). Attributes in the first quadrant was used to determine the necessary initiatives toimprove customer satisfaction. The next stage was to design a model of CRM Scorecardstarted with the translation of the vision, mission, CRM strategy to CRM strategy to thecorporate scorecard and strategy objectives were interrelated and could be seen from thestrategy map into 4 CRM Scorecard perspectives, ie: Customer Value, CustomerSatisfaction, Customer Interaction, and Customer Knowledge. Establish benchmarks,targets, strategies and initiatives. After that, weighting for each strategic objective thatwas driven by more than one destination by using Expert Choice and took advantage ofpairwise comparison matrices (Pairwise Comparison). Measurements were made withthe actual condition assessment of the target set. Value of CRM performance of PT.Gajah Mungkur Sejahtera is 3.14 or rated "good enough". So that the performance ofCRM company needed to be improved, especially in the strategic goals increase in thenumber of sales and the increase in the number of passengers, improving service qualityand increase understanding of the passengers. Initiatives that needed to be done from thefirst quadrant IPM terminal conditions used, a comfortable lounge facilities, presence ofsecurity officers, politeness in the service process.