DETAIL KOLEKSI

Perbandingan terhadap perlindungan hukum hak cipta video game amerika dan indonesia


Oleh : Muhammad Junior Ashabal

Info Katalog

Penerbit : FH - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2025

Pembimbing 1 : Rr Aline Gratika Nugrahani

Kata Kunci : Copyright Protection, Video Games, Character Design

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2025_SK_SHK_010002100259_Halaman-Judul.pdf 10
2. 2025_SK_SHK_010002100259_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2025_SK_SHK_010002100259_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2025_SK_SHK_010002100259_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2025_SK_SHK_010002100259_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2025_SK_SHK_010002100259_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2025_SK_SHK_010002100259_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2025_SK_SHK_010002100259_Bab-1.pdf
9. 2025_SK_SHK_010002100259_Bab-2.pdf
10. 2025_SK_SHK_010002100259_Bab-3.pdf
11. 2025_SK_SHK_010002100259_Bab-4.pdf
12. 2025_SK_SHK_010002100259_Bab-5.pdf 3
13. 2025_SK_SHK_010002100259_Daftar-Pustaka.pdf 3
14. 2025_SK_SHK_010002100259_Lampiran.pdf

P Perlindungan hak cipta merupakan aspek krusial dalam menjamin hak cipta merupakan bagian dari hak kekayaan intelektual (hki)yang memberikan perlindungan hukum terhadap karya orisinal, termasuk video game yang mengandung elemen kompleks seperti karakter, musik, narasi, dan program komputer. seiring berkembangnya industri video game secara global, termasuk di indonesia dan amerika serikat, isu perlindungan hukum terhadap karya tersebut menjadi semakin penting. penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perlindungan hak cipta video game di indonesia dan amerika serikat, serta mengkaji apakah sistem hukum as dapat diadopsi untuk memperkuat perlindungan di indonesia. penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan deskriptif-komparatif. data diperoleh dari studi pustaka dan studi lapangan berupa wawancara dengan praktisi industri game dan pakar hak kekayaan intelektual. analisis dilakukan secara kualitatif, dengan penarikan kesimpulan deduktif berdasarkan perbandingan sistem hukum kedua negara. hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hak cipta video game di indonesia masih menghadapi tantangan, antara lain minimnya regulasi spesifik, lemahnya penegakan hukum, dan maraknya pembajakan. di sisi lain, amerika serikat memiliki sistem perlindungan yang lebih komprehensif, melalui copyright act of 1976 dan dukungan prinsip common law seperti fair use dan perlindungan karakter fiksi. indonesia dapat mengadopsi beberapa pendekatan dari as, seperti pengakuan video game sebagai karya audiovisual dan pembentukan lembaga manajemen kolektif khusus industri game.

C Copyright is a part of intellectual property rights (ipr) that provides legal protection for original works, including video games, which contain complex elements such as characters, music, narratives, and computer programs. as the global video game industry continues to grow, including in indonesia and the united states, the issue of legal protection for such works has become increasingly important.this research aims to compare the copyright protection of video games in indonesia and the united states, and to examine whether the u.s. legal system can be adopted to strengthen protection in indonesia. the study uses a normative juridical method with a descriptive-comparative approach. data was obtained from literature studies and field research in the form of interviews with game industry practitioners and intellectual property law experts.the analysis was conducted qualitatively, with deductive conclusions drawn based on a comparison of the legal systems of both countries. the results show that copyright protection for video games in indonesia still faces challenges, including a lack of specific regulations, weak law enforcement, and rampant piracy. on the other hand, the united states has a more comprehensive protection system through the copyright act of 1976 and the support of common law principles such as fair use and fictional character protection.indonesia could adopt several approaches from the u.s., such as recognizing video games as audiovisual works and establishing a collective management organization (cmo) specifically for the gaming industry.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?