DETAIL KOLEKSI

Penerapan vehicle routing problem with time windows menggunakan metode algoritma nearest insertion heuristic dan algoritma genetika untuk meminimasi total waktu dan jumlah penggunaan forklift pada pendistribusian output proses galvanisasi di PT. Armindo Catur Pratama


Oleh : Hedia Muthiasari Pertiwi

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2016

Pembimbing 1 : Docki Saraswati

Pembimbing 2 : Sumiharni Batubara

Subyek : Production scheduling;Production planning;Time management

Kata Kunci : vehicle routing problem with time windows, nearest insertion heuristic algorithm, genetic algorithm

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2016_TA_STI_06312003_Halaman-Judul.pdf
2. 2016_TA_STI_06312003_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2016_TA_STI_06312003_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2016_TA_STI_06312003_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2016_TA_STI_06312003_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2016_TA_STI_06312003_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf
7. 2016_TA_STI_06312003_Bab-5_Pengolahan-Data.pdf
8. 2016_TA_STI_06312003_Bab-6_Analisa-Hasil-dan-Usulan-Perbaikan.pdf
9. 2016_TA_STI_06312003_Bab-7_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
10. 2016_TA_STI_06312003_Daftar-pustaka.pdf
11. 2016_TA_STI_06312003_Lampiran.pdf

P PT. Armindo Catur Pratama adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi, perdagangan, dan penyediaan jasa galvanisasi pada produk kontruksi baja. Perusahaan memiliki beberapa plant produksi. Penelitian dilakukan pada plant galvanisasi. Sistem produksi pada plant galvanisasi terdiri dari proses input, galvanisasi, dan distribusi output proses galvanisasi. Pendistribusian dimulai dari area output galvanisasi sebagai depot, ke- 11 site menggunakan dua buah forklift identik dengan area operasional yang berbeda pada masing-masing forklift. Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini adalah penentuan urutan site pendistribusian yang hanya didasarkan faktor perkiraan dan kebiasaan, juga rendahnya utilisasi pada penggunaan dua forklift. Oleh karena itu, perusahaan bermaksud untuk menentukan urutan site pendistribusian yang meminimasi total waktu dan jumlah penggunaan forklift dengan pendekatan Vehicle Routing Problem with Time Windows. Pada kondisi saat ini, pendistribusian output proses galvanisasi di area operasional I dengan forklift I memiliki urutan site [1,4,3,5,2,7] dan waktu pendistribusian sebesar 131.34 menit. Lalu, area operasional II dengan forklift II memiliki urutan site [8,11,9,10,6] yang menghasilkan waktu pendistribusian sebesar 133.02 menit. Selanjutnya, penentuan urutan site pendistribusian dengan metode penyelesaian dilakukan pada penggunaan dua forklift dan satu forklift. Penggunaan dua forklift dengan metode Algoritma Nearest Insertion Heuristic menghasilkan urutan site [1,7,5,4,2,3] dan waktu pendistribusian sebesar 130.36 menit pada area operasional I dengan forklift I. Lalu, area operasional II dengan forklift II memiliki urutan site [8,10,11,9,6] dan waktu pendistribusian sebesar 130.7 menit. Output dari Algoritma Nearest Insertion Heuristic tersebut merupakan solusi awal untuk Algortima Genetika. Algoritma Genetika dengan Probabilitas Crossover (𝑃𝑃𝑐𝑐) = 0.7 pada area operasional I dengan forklift I menghasilkan urutan site [4,3,5,2,7,1] dan waktu pendistribusian sebesar 129.78 menit. Lalu, area operasional II dengan forklift II memiliki urutan site [6,9,8,11,10] dan waktu pendistribusian sebesar 129.15 menit. Pada penggunaan satu forklift dengan metode Algoritma Nearest Insertion Heuristic, dihasilkan urutan site [5,2,3,4,6,7,1,8,10,11,9] dan waktu pendistribusian sebesar 257.37 menit. Output tersebut merupakan solusi awal untuk Algoritma Genetika, yang menghasilkan urutan site [6,2,3,4,5,8,10,11,9,1,7] dengan waktu pendistribusian sebesar 254.29 menit pada 𝑃𝑃𝑐𝑐 = 0.7 dan urutan site [2,8,6,1,5,11,4,3,9,10,7] dengan waktu pendistribusian sebesar 255.7 menit pada 𝑃𝑃𝑐𝑐 = 0.9.Berdasarkan hasil dari kedua metode tersebut, didapatkan bahwa urutan site pendistribusian output proses galvanisasi yang optimal dengan total waktu pendistribusian paling minimal pada penggunaan dua forklift dan satu forklift dihasilkan oleh metode Algoritma Genetika 𝑃𝑃𝑐𝑐 = 0.7. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan kondisi saat ini untuk mendapatkan usulan penelitian. Penggunaan dua forklift pada area operasional I dengan forklift I menghasilkan penurunan persentase total waktu pendistribusian 1.19% dari kondisi saat ini dan 2.91% pada area operasional II dengan forklift II. Lalu, pada penggunaan satu forklift, utilisasi penggunaan forklift mengalami kenaikan menjadi 52.98% dan berdampak pada penghilangan salah satu forklift perusahaan.

P PT Armindo Catur Pratama is a manufacturing company which is experienced in the field of steel construction product production, trade, and galvanizing service. The company has several production plants. The research was done at the galvanizing plant. The galvanizing plant production system consists of input process, galvanizing process, and distribution of galvanizing process output. The distribution begins from the galvanizing output area as a depot, to 11 sites by using two identical forklifts with different operational areas for each forklift. The problem faced in this research is the determination of distribution site sequence that only based on estimation and habit factor, also the low level of two forklifts utilization. Therefore, the company intends to determine the distribution site sequence that minimizes the total time taken and the number of forklift used with the approach of Vehicle Routing Problem with Time Windows. At this moment, the distribution of galvanizing process output on operational area I with forklift I has a site sequence [1,4,3,5,2,7] and takes time about 131.34 minutes. Next, the distribution on operational area II with forklift II has a site sequence [8,11,9,10,6] and it takes 133.02 minutes. Then, the determination of distribution site sequence with completion method is performed by using two forklifts and one forklift.The use of two forklifts on operational area I with forklift I by using Nearest Insertion Heuristic Algorithm generates a site sequence [1,7,5,4,2,3] and takes 130.36 minutes. Then, the distribution process on operational area II with forklift II generates a site sequence [8,10,11,9,6] and takes 130.7 minutes. The output of Nearest Insertion Heuristic Algorithm is an initial solution for Genetic Algorithm. The calculation of Genetic Algorithm with Crossover Probability (𝑃𝑃𝑐𝑐) = 0.7 on operational area I with forklift I generates a site sequence [4,3,5,2,7,1] and takes 129.78 minutes. Then, the operational area II with forklift II case generates a sequence site [6,9,8,11,10] and takes 129.15 minutes. Next, the use of one forklift by using Nearest Insertion Heuristic Algorithm generates a site sequence [5,2,3,4,6,7,1,8,10,11,9] and takes 257.37 minutes. The output is an initial solution for Genetic Algorithm that generates a site sequence [6,2,3,4,5,8,10,11,9,1,7] and takes 254.29 minutes on 𝑃𝑃𝑐𝑐 = 0.7, also a site sequence [2,8,6,1,5,11,4,3,9,10,7] and takes 254.29 minutes on 𝑃𝑃𝑐𝑐 = 0.9. Based on the results of two methods which has mentioned above, the optimum sequence of galvanizing process output distribution with the most minimal distribution time on two forklifts and one forklift is produced by Genetic Algorithm 𝑃𝑃𝑐𝑐 = 0.7. Those results will then be compared with the current condition to get the recommendation. The operational area I with forklift I on the use of two forklifts produces lower percentage in the amount of 1.19% of total distribution time if it is compared to the current condition and 2.91% on operational area II with forklift II. Then, the forklift utilization increased to 52.98% on the use of one forklift and cause on the removal of one forklift which affects the company expenses.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?