DETAIL KOLEKSI

Uji lelah pada batang piston vespa px 150 dengan bahan fcd 450 pada ketebalan 2 milimeter


Oleh : Ahmad Farrakhan

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Rianti Dewi Sulamet-Ariobimo

Subyek : Mechanical engineering;Automobile industry and trade

Kata Kunci : connecting rod, twdi, fatigue test machine, fatigue test

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_STM_061001500075_Halaman-judul.pdf
2. 2021_TA_STM_061001500075_Lembar-pengesahan.pdf
3. 2021_TA_STM_061001500075_BAB1_pendahuluan.pdf
4. 2021_TA_STM_061001500075_BAB2_kajian-pustaka.pdf
5. 2021_TA_STM_061001500075_BAB3_metode-penelitian.pdf
6. 2021_TA_STM_061001500075_BAB4_pembahasan-dan-hasil-penelitian.pdf
7. 2021_TA_STM_061001500075_BAB5_kesimpulan-dan-saran.pdf
8. 2021_TA_STM_061001500075_Daftar-Pustaka-(1).pdf
9. 2021_TA_STM_061001500075_Lampiran.pdf

T Teknologi pengecoran dinding tipis (thin wall casting – TWC) membuka kesempatan bagi besi tuang nodular (DI) untuk bersaing dengan alumunium dalam hal berat. Selama ini alumunium menjadi pilihan bahan dalam otomotif karena alumunium dikenal sebagai material ringan (light weight material). Penggunaan material ringan pada komponen otomotif akan mengurangi berat sehingga konsumsi bahan bakarpun menjadi hemat. Keberhasilan pengecoran TWDI ditentukan oleh ketepatan kecepatan tuang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menguji lelah komponen connecting rod dengan ketebalan I-beam 2mm yang telah dikurangi berat komponen dari ketebalan I-beam aslinya. Dikarenakan perlunya melakukan pengujian lelah terhadap komponen maka perlunya membuat alat uji lelah terlebih dahulu dengan menggunakan alat uji lelah tersebut maka dapat ditentukannya fatigue limit dari setiap komponen yang diuji. Uji lelah pada komponen dilakukan dengan cara pemberian gaya tekan dinamis dengan siklus sebesar 1 juta dengan gaya 17.630N. Beberapa pengujian yang dilakukan adalah pengujian tekan, pengujian mikro, pengujian makro dan analisa serta penjelasannya terhadap komponen connecting rod. Maka dari hasil penelitian ini harus memperhatikan struktur mikro agar connecting rod bisa lebih baik lagi dan sesuai dengan standar.

T Thin wall casting (TWC) technology opens up opportunities for nodular cast iron (DI) to compete with aluminum in terms of weight. So far, aluminum has been the preferred material in automotive because aluminum is known as a light weight material. The use of lightweight materials in automotive components will reduce weight so that fuel consumption becomes efficient. The success of TWDI casting is determined by the accuracy of the casting speed. The purpose of this study was to test the fatigue of the connecting rod component with an I-beam thickness of 2 mm which has been reduced by the weight of the component from the original I-beam thickness. Due to the need to carry out fatigue testing of components, it is necessary to make fatigue test equipment first by using the fatigue test equipment so that the fatigue limit of each component being tested can be determined. The fatigue test on the components is carried out by applying a dynamic compressive force with a cycle of 1 million with a force of 17.630N. Some of the tests carried out were compression testing, micro testing, macro testing and analysis and explanation of the connecting rod components. So from the results of this study, it is necessary to pay attention to the micro structure so that the connecting rod can be even better and in accordance with the standard.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?