Perancangan sistem informasi pemasaran online pada pengrajin “autik craftâ€dengan metode pendekatan system development life cycle dan marketing mix& strategy
A Autik Craft adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak didalam bidang kerajinan tangan. UKM ini belum mempunyai sistem terintegrasi untuk mengelola penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Informasi Pemasaran Online sebagai aplikasi berbasis Web yang dibangun sebagai sistem terintegrasi untuk mengelola transaksi penjualan dan memperluas pangsa pasarnya. Penelitian ini menggunakan metode terstruktur dalam pendekatannya untuk membangun sistem dan juga menerapkan kerangka pemasaran STP & 4P untuk mendapatkan informasi pasar. Selain itu dilakukan pula analisis SWOT untuk menentukan strategi yang dapat dilakukan. Hasil analisa matrik Internal Eksternal menunjukkan bahwa pengrajin sedang dalam posisi pertumbuhan dan langkah yang sebaiknya diambil adalah dengan melebarkan jenis variasi produk kreatif, dan juga dengan cara mencari sasaran konsumen baru dan juga yang terpenting adalah dengan mencari sasaran geografi terbaru yang mana inilah maksud dari penelitian ini, dengan membuat sistem informasi pemasaran online maka pengrajin secara otomatis akan membuka kepada seluruh daerah bahkan global. Strategi bagi pengrajin adalah lebih mendongkrak promosi produk yang berciri khas.Sistem Informasi Pemasaran Online ini dapat digunakan sebagai pendokumentasiantransaksi penjualan, mempromosikan barang, dan untuk pendokumentasian pemesanan pelanggan. Implementasi dari rancangan menggunakan perangkat lunak Adobe Dreamweaver CS6 perangkat lunak XAMPP yang didalamnya sudah terdiri dari MySQL.
A Autik Craft is a Small and Medium-sized Enterprise engaged in the field of handicrafts. This Company does not have any integrated system to manage their sales. This research is proposed to design Online Marketing System Information as a Web-based application that is built to help Small and Medium-sized Enterprised craftsmen on Autik Craft as an integrated system to manage sale transaction and expanding their market share. This Research use Structured method as an approach to develop the system and also conduct STP & 4P marketing framework to get the information of the market. This research using SWOT framework to determine what the next step that craftsmen should have take. The result are craftsmen should find new consumer segment, build new various product, and the last are the craftsmen should open new place for marketing. Thats why this research is conduct, this integrated system will give the craftsmen a chance to promote their product online. This means globally market. Strategy choosed for craftsmen are to intensely promote their ethnic product. This online marketing system information is reliable to documenting the transaction sales, promote the product, and to documenting customer order. The implementation on this research is conduct using Adobe Dreamweaver CS6 and XAMPP which is include the MySQL program.