Penerapan metode failure mode and effect analysis (FMEA) dan sistem pakar pada proses produksi weather strip outer front di PT. Ingeress Malindo Ventures
Penerbit : FTI - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2015
Pembimbing 1 : Dedy Sugiarto
Pembimbing 2 : Johnson Saragih
Subyek : Six sigma (Quality control standard);Failure analysis (Engineering)
Kata Kunci : fmea,severity, occurance, detection,doe ,rpn ,knowledge acquisition, Knowledge erepresentation ,infe
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2015_TA_STI_06310023_Halaman-Judul.pdf | ||
2. | 2015_TA_STI_06310023_Lembar-Pengesahan.pdf | ||
3. | 2015_TA_STI_06310023_Bab-1_Pendahuluan.pdf | ||
4. | 2015_TA_STI_06310023_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf |
|
|
5. | 2015_TA_STI_06310023_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf |
|
|
6. | 2015_TA_STI_06310023_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf |
|
|
7. | 2015_TA_STI_06310023_Bab-5_Pengolahan-Data.pdf | ||
8. | 2015_TA_STI_06310023_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf | ||
9. | 2015_TA_TI_06310023_Lampiran.pdf |
|
P PT.IngressMalindo Venturesmerupakan perusahaan yang memproduksibeberapajenistipeweatherstripyangdigunakanuntukmobil.Kualitasdariprodukyangdihasilkanharussangatdiperhatikanolehperusahaan.Persentasecacattertinggiterdapatpadaproduksiweatherstripouterfront,yaitusebesar12,8%.Tingginyapersentase cacatpada produk ini,menyebabkan perusahaan harus melakukanidentifikasikegagalanprosesproduksiweatherstrip.Penelitianyangdilakukaninimemlikitujuanantaralainmelakukanidentifikasiterhadapkegagalanpadaprosesproduksilalumenentukansolusiuntukmenyelesaikanpermasalahanini.PadatahappengidentifikasiankegagalanprosesinidilakukandenganmetodeFailureModeandEffectAnalysis(FMEA),laluuntuktahapsolusidaripenyelesaianmasalahmenggunakanmetodesistem pakar.PadatahapmenggunakanmetodeFailureModeandEffectAnalysis(FMEA)dilakukanidentifikasimengenaijenisdanefekdarikegagalanpadaproses,tingkatkeparahanpadakegagalan(severity),penyebabdarikegagalan,frekuensiterjadinyakegagalan(occurance),kontrolyangdilakukanolehperusahaan,sertatingkatkesulitandalam melakukandeteksidarikegagalanproses(detection) SetelahmembuatFMEA,makatahapselanjutnyadilakukanperhitungannilaiRisk Priority Number(RPN)dengan cara mengalikan severity,occurance,dandetection,yanggunanyauntukmenentukanprosesmanayangmengalamikegagalantertinggi.DariperhitunganRPN,didapatnilaiRPNtertinggiadalah160padaprosesextrusion,140padaprosesrollforming,serta126dan120padaprosescutofpart.HasildaritabelFMEA(FailureModeandEffectAnalysis)inidigunakanuntukmerancangsuatusistem pakar.Daripercobaanuntukperbaikanmakadidapatkanpenetapansuhubarrel160°C,lajuputaranscrew10Rpm,dansuhudie165°C.Tahapan–tahapanyangdigunakandalam perancangansuatusistem pakaradalahakuisisipengetahuan,representasipengetahuan,kemudianmesininferensi.Penggunaan decision tree dilakukan pada tahap representasipengetahuan padapenelitianini.Dalam aplikasinya,perancangansistem pakarmenggunakansoftwareWinexsys ProfessionalVer.5.0.8-W.Pembuatan sistem pakar inimengambilpengetahuandaripakarpadaperusahaan,yaitumanajerproduksidanmanajerqualitycontrol.Adanyasistem pakarinidiharapkandapatmembantuperusahaandalampengambilankeputusantentangpermasalahanprosesproduksitanpamenunggupakar.Sistem pakaryangtelahdibangundapatdigunakanuntukmelakukanidentifikasiterhadap8efekkegagalanproses,10jeniskegagalanyangterjadi,serta17penyebabkegagalanpadaproses.Sistem pakarinimempunyai28qualifiersdan17solusipenyelesaianmasalahdarikegagalan.
P PT.IngressMalindoVenturesisacompanywhichproducesseveraltypesofweatherstripthatareusedforcars.Thequalityoftheresultingproductshouldbekeptbythecompany.Thehighestpercentageofdefectsfoundinproductionweatherstripouterfront,thatisequalto12.8%.Thehighpercentageofdefectsintheseproducts,causingthecompanymustidentifyfailurethetypeofvalveproductionprocessweatherstripouterfront.Theresearchwasconductedsmoothlyobjectivesincludetheidentificationoffailuresintheproductionprocessandthendetermineasolutiontosolvethisproblem.AtthisstageofidentifyingthefailureofthisprocessiscarriedoutbythemethodofFailureModeandEffectAnalysis(FMEA),thenforthesolutionphaseofthesolutionusingthemethodofexpertsystem.AtthisstageusingFailureModeandEffectAnalysis(FMEA)toidentifythetypesandeffectsoffailureontheprocess,theseverityofthefailure,thecauseoffailure,frequencyofoccurrenceoffailures,thecontrolperformedbythecompany,aswellastheleveldifficultiesindetectionofthefailureprocess.From experimenttorepairthedeterminationobtainedbarreltemperature160°C,screrotationrate10Rpm,anddietemperature165°C. AftercreatingtheFMEA,thenthenextstageofthecalculationthevalueofRiskPriorityNumber(RPN)bymultiplyingtheseverity,occurance,anddetection,whichpointtodeterminewhichprocessesarethehighestfailure.FromthecalculationofRPN,thehighestvalueofRPN obtainedwas160ontheprocessofextrusion,140ontheprocessofrollforming,and126and120ontheprocessofcutofpart.TheresultsoftheFMEAtable(FailureModeandEffectAnalysis)isusedtodesignanexpertsystem.Severalstagesthatareusedinthedesignofanexpertsystem isknowledgeacquisition,knowledgerepresentationandinferenceengine.Theuseofdecisiontreeperformedonthestageofknowledgerepresentationinthisstudy.Initsapplication,thedesign ofexpertsystemsusing WinexsysProfessionalVer.5.0.8-W software.Preparationofthisexpertsystem takestheknowledgeofexpertsinthecompany,namelytheproductionmanagerandqualitycontrolmanager.Theexistenceofthisexpertsystemisexpectedtoassistcompaniesinmakingdecisionsabouttheproductionprocessproblemswithoutwaitingforanexpert.Expertsystemthathasbeenbuiltcanbeusedforidentifyingfrom 8effectsofprocessfailure,10typesoffailuresthatoccurred,and17causethefailureoftheprocess.Thisexpertsystemhas28qualifiersand17ofthefailureofproblemsolvingsolutions