DETAIL KOLEKSI

Perhitungan opportunity lost pada produk perishable di PT.X


Oleh : Dicka Frieyandi

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Tiena .G. Amran

Pembimbing 2 : Nurlaila Badariah

Subyek : Industrial engineering;Manufactures - Management

Kata Kunci : eoq, perishable

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2013_TA_STI_06307015_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2013_TA_STI_06307015_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2013_TA_STI_06307015_Bab-1_Pendahuluan.pdf 6
4. 2013_TA_STI_06307015_Bab-2_Landasan-Teori.pdf 5
5. 2013_TA_STI_06307015_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 5
6. 2013_TA_STI_06307015_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf 37
7. 2013_TA_STI_06307015_Bab-5_Pengolahan-Data.pdf 34
8. 2013_TA_STI_06307015_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
9. 2013_TA_STI_06307015_Daftar-Pustaka.pdf 1

P Pada tahan 2009 PT.X merupakan perusahaan retail pertama di Indonesia yang memfokuskan produknya yaitu berbahan dasar ayam. Namun seiring berjalannya waktu, mulai banyak kompetitor yang melihat peluang yang cukup baik dalam bisnis bahan olahan ayam. Banyaknya kompetitor yang berusaha lebih baik dalam memasarkan produknya, berdampak pada menurunnya jumlah pelanggan PT.X. hal ini jelas mempengaruhi Penjualan PT.X. Sebagai pelopor dalam industri ini PT.X hams meningkatkan kreatifitas dan inovasi baik dalam variasi produk maupun pemasaran.Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data historis dan perusahaan yaitu data permintaan, data biaya listrik, dan data biaya distribusi dalam 3 bulan, wawancara langsung dengan pihak perusahaan dan orang-orang yang terlibat di lapangan serta melakukan pengamatan langsung pada perusahaan yang bersangkutan. Pada pengolahan data, hasil dan pengumpulan data aktual dijadikan sebagai input yang kemudian akan diolah dengan menggunakan metode Perishable Economic Order Quantity. Berdasarkan data bulan Januari 2013 sampai 31 Maret 2013 dilakukan perhitungan Perishable Economic Order Quantity dan di dapati nilai kerugian sebesar Rp 482.063.987 . Kemudian dilakukan metode peramalan siklik untuk data permintaan yang sudah ada, dan dilakukan perhitungan dengan metode Perishable Economic Order Quantity dan di dapati nilai kerugian sebesar Rp 154.774.956 .

I In 2009 PT.X was the first retail company in Indonesia to focus on products made from chicken. However, over time, many competitors began to see good opportunities in the chicken-processed ingredients business. The number of competitors who are trying to be better in marketing their products, has an impact on the decline in the number of PT.X's customers. this clearly affects the Sales of PT.X. As a pioneer in this industry, PT.X must increase creativity and innovation in both product variations and marketing.Data collection was carried out by taking historical and company data, namely demand data, electricity cost data, and distribution cost data within 3 months, direct interviews with the company and people involved in the field as well as direct observations of the company concerned. In data processing, the results and actual data collection are used as input which will then be processed using the Perishable Economic Order Quantity method. Based on the data from January 2013 to March 31, 2013, the Perishable Economic Order Quantity was calculated and the loss was Rp. 482,063,987. Then the cyclic forecasting method for existing demand data is carried out, and calculations are carried out using the Perishable Economic Order Quantity method and the loss value is Rp. 154.774,956.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?