DETAIL KOLEKSI

Kajian Pengaruh Perubahan Pemanfaatan Ruang Terhadap Kemacetan Lalu Lintas (Studi Kasus Jalan Kemang Raya)


Oleh : Brian Maximus

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2010

Kata Kunci : Perubahan fungsi ruang, kemacetan lalu lintas, kawasan pemukiman Kemang

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2010_TA_PL_08305021_Halaman-Judul.pdf
2. 2010_TA_PL_08305021_Bab-1.pdf
3. 2010_TA_PL_08305021_Bab-2.pdf
4. 2010_TA_PL_08305021_Bab-3.pdf
5. 2010_TA_PL_08305021_Bab-4.pdf 25
6. 2010_TA_PL_08305021_Bab-5.pdf
7. 2010_TA_PL_08305021_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2010_TA_PL_08305021_Lampiran.pdf

B Berkembangnya kebutuhan ruang untuk kegitan komersial di Kemang menyebabkan kecenderungan perubahan fungsi ruang dari perumahan menjadi komersial disekitar kawasan permukiman Kemang. Adanya kecenderungan perubahan tersebut berpengaruh terhadap menurunnya kualitas lingkungan disekitar kawasan permukiman Kemang. Salah satu dampak dari adanya perubahan fungsi ruang menjadi komersial adalah meningkatnya volume kendaraan. Berdasarkan data sekunder dari RRTRW Kecamatan Mampang Prapatan tahun 2005, diketahui bahwa telah terjadi masalah kemacetan lalu lintas terutama arus dari selatan yaitu dijalan Mampang Prapatan, Jalan Kemang Raya, Jalan Kapten Piere Tandean, Jalan Kemang Dalam 1, Jalan Kemang Utara dan Jalan Bangka Raya.Kemacetan lalu lintas sangat mempengaruhi para pelaku perjalanan, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kemacetan menambah waktu perjalanan, menjengkelkan dan tidak nyaman bagi pelaku perjalanan, serta memperbesar biaya keseluruhan perjalanan (Warpani, 1990 : 136). Dalam upaya pemecahan masalah lalu lintas tersebut maka dibutuhkan studi yang membahas hubungan antara perubahan fungsi ruang dengan kemacetan yang terjadi.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?