DETAIL KOLEKSI

Anteseden place attachment


Oleh : Sarah Ade Nisa

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2025

Pembimbing 1 : Ayu Ekasari

Pembimbing 2 : Mahasiswa

Kata Kunci : hedonic well-being, memorable tourism experience, place attachment, selfie tourism

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2025_SK_SMJ_022002002011_Halaman-Judul.pdf 8
2. 2025_SK_SMJ_022002002011_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2025_SK_SMJ_022002002011_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2025_SK_SMJ_022002002011_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2025_SK_SMJ_022002002011_Lembar-Pengesahan.pdf 4
6. 2025_SK_SMJ_022002002011_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2025_SK_SMJ_022002002011_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2025_SK_SMJ_022002002011_Bab-1.pdf
9. 2025_SK_SMJ_022002002011_Bab-2.pdf
10. 2025_SK_SMJ_022002002011_Bab-3.pdf
11. 2025_SK_SMJ_022002002011_Bab-4.pdf
12. 2025_SK_SMJ_022002002011_Bab-5.pdf
13. 2025_SK_SMJ_022002002011_Daftar-Pustaka.pdf
14. 2025_SK_SMJ_022002002011_Lampiran.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana selfie tourism memengaruhi pengalaman wisata yang berkesan (memorable tourism experience), perasaan bahagia (hedonic well-being), dan keterikatan emosional terhadap tempat (place attachment). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu analisis data melalui model statistik (Structural Equation Model). Responden penelitian ini berjumlah 180 orang yang pernah mengunjungi satu atau lebih destinasi wisata di Indonesia, seperti Bali, Labuan Bajo, Lombok, Taman Nasional Bromo, dan Candi Borobudur, dalam dua tahun terakhir. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas selfie tourism berpengaruh positif terhadap pengalaman wisata yang berkesan (memorable tourism experience) dan perasaan bahagia. Selain itu, pengalaman wisata yang berkesan (Memorable tourism experience) terbukti dapat meningkatkan keterikatan emosional terhadap tempat wisata dan memberikan kebahagiaan lebih bagi pengunjung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman wisata yang unik dan menarik sangat penting untuk meningkatkan keterikatan dan kebahagiaan wisatawan. Pengelola tempat wisata dapat memanfaatkan tren selfie tourism dengan menyediakan lokasi menarik untuk berfoto. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik tempat wisata sekaligus membuat pengunjung lebih ingin kembali. Langkah ini juga membantu menjaga keberlanjutan dan daya saing tempat wisata di masa depan.

T This study aims to examine how selfie tourism influences memorable tourism experiences, hedonic well-being, and place attachment. The research was conducted using a quantitative method, specifically data analysis through a statistical model (Structural Equation Model). The study involved 180 respondents who had visited one or more tourist destinations in Indonesia, such as Bali, Labuan Bajo, Lombok, Bromo Tengger Semeru National Park, and Borobudur Temple, in the past two years. Data were collected using a Likert scale questionnaire.The results showed that selfie tourism positively impacts memorable tourism experiences and hedonic well-being. Furthermore, memorable tourism experiences significantly enhance emotional attachment to tourist destinations and provide greater happiness for visitors. The study concludes that unique and engaging tourism experiences are essential for strengthening visitors\\\' attachment and happiness. Tourism managers can leverage the selfie tourism trend by providing visually appealing spots for photography. This approach can enhance the attractiveness of tourist destinations, encourage repeat visits, and contribute to their sustainability and competitiveness in the future.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?