Perumusan strategi bisnis garment dengan menggunakan analisis swot, competitive profile matrix dan quantitative strategi planning matrix di CV. M2tech
C CV. M2Tech merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri garment dengan brand “Ordinal Apparelâ€. Produk yang dihasilkan antara lain Tshirt, Raglan, Kid Shirt, dan Poloshirt. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah jaringan reseller semakin bertambah hingga mencapai 2500 orang dan tersebar di 30 provinsi di Indonesia serta beberapa wilayah di luar negeri. Jumlah reseller tersebut memiliki trend yang semakin meningkat seiring dengan kecenderungan masyarakat sekarang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dan hasil penjualan sampingan sebagai reseller. Selain itu, perkembangan area penjualan juga semakin meluas ke negara Malaysia dan Singapura. Perusahaan ini menggunakan proses produksi yang berbasis teknologi Direct to Garment sehingga tidak menggunakan banyak tenaga kerja. Direct to Garment adalah teknologi terbaru yang menggabungkan teknologi Head Printer tipe Piezo dan tinta khusus Textile Printing. Metode kerja Direct to Garment adalah mencetak gambar apapun termasuk gambar desain vector/photoshop dan foto biasa langsung ke atas kain jadi yang berbahan Cotton dengan hasil cetak yang beresolusi tinggi. Kebutuhan produk garment yang tidak ada habisnya disertai dengan kemajuan teknologi yang mendukung menjadi salah satu faktor kunci dalam perkembangan industri garment ini. Persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Masing-masing perusahaan berlomba-lomba untuk menawarkan kualitas, harga, dan pelayanan yang terbaik. Persaingan yang semakin ketat tersebut cukup berdampak di CV. M2Tech. Data penjualan dalam 2 tahun terakhir menunjukan kondisi penjualan yang cenderung stagnant. Hal ini akan membahayakan keberlangsungan proses bisnis di perusahaan tersebut. Untuk itu perlu dirumuskan strategi bisnis yang berguna untuk meningkatkan kembali penjualan perusahaan. Pada penelitian ini juga digunakan Business Model Canvas untuk merumuskan kondisi perusahaan saat ini. Kemudian dilakukan identifikasi faktor internal dan eksternal melalui CPM (Competitive Profile Matrix) dan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) serta kemudian dipilih menjadi strategi terbaik melalui QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Evaluasi, Formulasi, dan Implementasi Strategi. Dari tahapan tersebut dihasilkan 5 strategi yang kemudian dipilih menjadi alternatif strategi terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan antara lain Product Development, Market Penetration, Forward Integration, Management By Objective, dan Learning & Development. Pada tahap implementasi dibuat Business Model Canvas yang barn dan Business Plan yang berdasarkan pada strategi terpilih yang telah dirumuskan.
C CV. M2Tech is a company engaged in the garment industry with the brand "Ordinal Apparel". The resulting products include Tshirt, Raglan, Kid Shirt, and Poloshirt. In recent years, the number of reseller networks has grown to 2500 people and spread across 30 provinces in Indonesia as well as some regions abroad. The number of resellers has an increasing trend in tandem with the current trend of people who want to earn additional income and side sales as a reseller. In addition, the development of the sales area also extends to Malaysia and Singapore. The company uses a production process based on Direct to Garment technology so it does not use a lot of manpower. Direct to Garment is the latest technology that incorporates Piezo Head Printer technology and special ink Textile Printing. The Direct to Garment method of working is to print any image including vector / photoshop design drawings and regular photographs directly onto Cotton finished fabrics with high resolution prints. The need for endless garment products along with technological advances that support to become one of the key factors in the development of this garment industry. Competition between companies becomes increasingly tight. Each company is competing to offer the best quality, price and service. The increasingly tight competition is quite an impact in the CV. M2Tech. Sales data in the last 2 years shows the condition of sales that tend to stagnant. This will jeopardize the continuity of business processes in the company. For that need to formulated a useful business strategy to increase the company's sales return. In this research also used Business Model Canvas to formulate company condition at this time. It then identifies internal and external factors through CPM (Competitive Profile Matrix) and SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) and then selected to be the best strategy through QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Stages used in this study are Evaluation, Formulation, and Implementation Strategy. From these stages, five strategies are then chosen to be the best alternative strategies that can be used by the company, among others Product Development, Market Penetration, Forward Integration, Management By Objective, and Learning & Development. At the implementation stage a new Business Model Canvas is created and Business Plan based on the chosen strategy that has been formulated.