Pelatihan strategi produk bagi UKM
P Pemasaran tidak hanya sekedar menjual, tetapi lebih berhubungan dengan bagaimana memuaskan konsumen. Untuk memuaskan konsumen, kegiatan pemasaran harus sudah dimulai dari sejak produk belum dibuat dan tidak bolehberakhir setelah produk terjual. Memuaskan konsumen ternyata bukanlah hal mudah, karena karakteristik sebuah pasar sangat heterogen. Bahkan setiap konsumen yang berada dalam sebuah pasar mungkin mempunyai kebutuhan, keinginan, sikap, perilaku maupun respon yang berbeda terhadap suatu tawaran. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi pemasaran yang disebut segmentation, targeting dan positioning (sering disingkat dengan STP). Selanjutnya, perludikembangkan suatu program marketing mix atau bauran pemasaran untuk memuaskan segmen pasar tertentu. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami pentingnya strategi produk yang berorientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen sekaligus tetap memperhatikan penawaran pesaing serta agar dapat menentukan kesuksesan usaha dalam jangka panjang. Secara umum pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan Strategi Produk bagi para mahasiswa Sekolah Kewirausahaan Cordova dan pelaku usaha kecil/informal yang berada disekitar sekolah tersebut bisa dikatakan cukup baik. Hal ini disimpulkan dari tanggapan para peserta selama kegiatan pendidikan dan pelatihan berlangsung dandiakhir acara yang sebagian besar mengatakan senang mengikuti pendidikan dan pelatihan ini.