DETAIL KOLEKSI

Analisa performa mesin menggunakan bahan bakar solar dan biodiesel yang dicampur minyak tanah


Oleh : Jamal Fawaidi Jati

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Annisa Bhikuning

Kata Kunci : biodiesel, diesel, kerosene

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

M Meningkatnya penggunaan bahan bakar minyak bumi yang sejalan dengan ketersediaan minyak bumi yang akan menurun dari waktu ke waktu membuat para peneliti berlomba lomba membuat sebuah percobaan yang diharapkan dapat digunakan sebagai bahan bakar alternative.Mesin diesel saat ini sudah menggunakan bahan bakar solar dan biodiesel. Minyak tanah saat ini digunakan sebagai bahan bakar mesin jet. Biodisel, Solar dan Minyak tanah merupakan bahan bakar yang saat ini masih digunakan. Penulis mempelajari pencampuran antara tiga jenis bahan bakar tersebut dengan tujuan mendapatkan konsentrasi campuran yang tepat dari segi performa mesin, emisi gas dan nilai ekonomi. Penelitian dimulai dari studi pustaka, kemudian uji fisik laboratium dan dilanjutkan dengan uji performa bahan bakar pada mesin diesel.Percobaan yang telah dilakukan mengantarkan pada kesimpulan bahwa minyak tanah dengan konsentrasi 20% mempengaruhi nilai densitas dan viskositas pada bahan bakar yang mengakibatkan penurunan konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 5%, nilai keekonomian cenderung lebih rendah 2,4%. Pencampuran 20% minyak tanah menaikkan persentase emisi COâ‚‚. sedangkan emisi CO mengalami penurunan sebesar 9.2 ~ 14.8% dan emisi NOx naik sebesar 2.7 ~ 3,4%

T The increasing use of petroleum fuel which is in line with the availability of petroleum which will decrease over time has made researchers compete to create an experiment which they hope can be used as an alternative fuel.Diesel engines currently use diesel and biodiesel fuel. Kerosene is currently used as jet engine fuel. Biodiesel, diesel and kerosene are fuels that are currently still in use. The author studied the mixing of the three types of fuel with the aim of getting the right mixture concentration in terms of engine performance, gas emissions and economic value. The research started from a literature study, then physical laboratory tests and continued with fuel performance tests in diesel engines.The experiments that have been carried out lead to the conclusion that kerosene with a concentration of 20% affects the density and viscosity values ​​of the fuel which results in a decrease in specific fuel consumption by 5%, the economic value tends to be 2.4% lower. Mixing 20% ​​kerosene increases the percentage of CO₂ emissions. while CO emissions decreased by 9.2 ~ 14.8% and NOx emissions increased by 2.7 ~ 3.4%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?