Pengaruh corporate social responsibility (CSR), kinerja lingkungan dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan consumer non- cyclicals yang terdaftar di BEI tahun 2020 - 2022
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah corporate socialresponsibility, kinerja lingkungan dan ukuran perusahaan berpengaruh positifterhadap kinerja keuangan pada perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar diBursa Efek Indonesia periode 2020-2022. Corporate social responsibilitydiproksikan dengan CSR Disclosure Index, kinerja lingkungan diproksikan denganPROPER, ukuran perusahaan diproksikan dengan LN Total Aset, dan kinerjakeuangan diproksikan dengan Return on Asset. Sampel penelitian ini adalahperusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode2020-2022 yang mengikuti PROPER, mengungkapkan laporan keuangan, laporantahunan, dan laporan keberlanjutan serta mendapatkan keuntungan(profit). Datapenelitian berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan, laporantahunan, dan laporan keberlanjutan. Teknik analisis data menggunakan analisisregresi linier berganda. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari ujinormalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positifterhadap kinerja keuangan. Sementara itu kinerja lingkungan dan ukuran perusahaantidak berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Temuan ini menjelaskanpentingnya melakukan usaha corporate social responsibility karena selain dapatmenjaga keberlangsungan perusahaan juga dapat meningkatkan kinerja keuangan.Selain itu temuan ini mengindikasikan meskipun corporate social responsibility dankinerja lingkungan belum mampu memberikan pengaruh positif terhadap kinerjakeuangan, perusahaan harus tetap menjalankan usaha ini karena perusahaan harusmenjaga hubungan baik dengan stakeholder dan penerimaan masyarakat sangatpenting bagi keberlangsungan perusahaan sesuai dengan teori stakeholder dan teorilegitimasi. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah banyak perusahaan yang tidakmenerbitkan laporan keuangan dan laporan keberlanjutan sehingga mengurangijumlah sampel. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar memperluas sampeldari berbagai sektor industri serta menambahkan variabel yang lain baik variabelindependen, moderasi, maupun intervening.
T This research aims to find out whether corporate social responsibility,environmental performance and company size have a positive effect on the financialperformance of non-cyclical consumer companies listed on the Indonesia StockExchange for the 2020-2022 period. Corporate social responsibility is proxied by theCSR Disclosure Index, environmental performance is proxied by PROPER, companysize is proxied by LN Total Assets, and financial performance is proxied by Returnon Assets. The sample for this research is non-cyclical consumer companies listed onthe Indonesia Stock Exchange for the 2020-2022 period that follow PROPER,disclose financial reports, annual reports and sustainability reports and obtain profits.Research data is in the form of secondary data obtained from financial reports,annual reports and sustainability reports. The data analysis technique uses multiplelinear regression analysis. Previously, a classical assumption test was carried outconsisting of a normality test, multicollinearity test, autocorrelation test andheteroscedasticity test. The research results show that corporate social responsibilityhas a positive effect on financial performance. Meanwhile, environmentalperformance and company size do not have a positive effect on financialperformance. These findings explain the importance of carrying out corporate socialresponsibility efforts because apart from being able to maintain companysustainability, it can also improve financial performance. In addition, these findingsindicate that even though corporate social responsibility and environmentalperformance have not been able to have a positive influence on financialperformance, companies must continue to carry out this business because companiesmust maintain good relations with stakeholders and public acceptance is veryimportant for the sustainability of the company in accordance with stakeholdertheory and legitimacy theory. A limitation of this research is that many companies donot publish financial reports and sustainability reports, thereby reducing the samplesize. It is recommended for further research to expand the sample from variousindustrial sectors and add other variables, including independent, moderating andintervening variables.