DETAIL KOLEKSI

Perancangan iklan layanan masyarakat tentang transportasi umum perkotaan yang terintegrasi untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dalam mengurai kemacetan di DKI Jakarta


Oleh : Raka Setya Fadillah

Info Katalog

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Elda Franzia

Pembimbing 2 : Leonardus Aryo GW

Subyek : Advertising - Public transportation

Kata Kunci : urban public transportation, public service advertisement, DKI Jakarta

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_SDK_091301800039_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_SDK_091301800039_Lembar-pengesahanl.pdf
3. 2023_TA_SDK_091301800039_Bab-1_Pendahuluan.pdf 6
4. 2023_TA_SDK_091301800039_Bab-2_Landasan-teoretis.pdf 21
5. 2023_TA_SDK_091301800039_Bab-3_Metodologi.pdf 7
6. 2023_TA_SDK_091301800039_Bab-4_Data-dan-analisis.pdf 63
7. 2023_TA_SDK_091301800039_Bab-5_Perencanaan-....pdf 27
8. 2023_TA_SDK_091301800039_Bab-6_Kesimpulan.pdf 2
9. 2023_TA_SDK_091301800039_Daftar-Pustaka.pdf 2
10. 2023_TA_SDK_091301800039_Lampiran.pdf 17

D DKI Jakarta merupakan kota dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi. Permasalahan utama dari banyaknya penduduk di Jakarta adalah kemacetan yang terjadi karena masyarakat lebih senang menggunakan kendaraan pribadi. PT Jaklingko Indonesia bergerak pada transportasi umum dengan menerapkan sistem integrasi pembayaran, tarif dan rute antar moda transportasi umum yang ada di DKI Jakarta seperti KRL Commuterline, TransJakarta, MikroTrans, MRT Jakarta dan LRT Jakarta. Namun masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh transportasi umum perkotaan di Jakarta.Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini dilakukan untuk mendorong masyarakat beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum dengan menunjukan berbagai kemudahan dalam mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Penulis merancang edukasi dan promosi ini melalui media iklan layanan masyarakat yang ditujukan untuk media sosial agar informasi dan edukasi terkait kemudahan menggunakan transportasi umum dengan sistem terintegrasi dapat menjangkau audiens seluas-luasnya terutama generasi muda.Dalam perancangan ini diharapkan masyarakat dapat terdorong untuk beralih dari menggunakan transportasi pribadi menjadi menggunakan transportasi umum perkotaan sehingga dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta dan sekitarnya.

D DKI Jakarta is a city with a high population density. The main problem of the large population in Jakarta is the congestion that occurs because people prefer to use private vehicles. PT Jaklingko Indonesia is engaged in public transportation by implementing an integrated system of payments, tariffs and routes between modes of public transportation in DKI Jakarta such as KRL Commuterline, TransJakarta, MikroTrans, MRT Jakarta and LRT Jakarta. However, there are still many people who do not know some of the conveniences offered by urban public transportation in Jakarta.The design of this Public Service Advertisement is carried out to encourage people to switch from private transportation to public transportation by showing various conveniences in breaking down congestion that occurs in Jakarta and its surroundings. The author designs this education and promotion through public service advertisement media aimed at social media so that information and education related to the convenience of using public transportation with an integrated system can reach the widest audience, especially the younger generation.In this design, it is hoped that people can be encouraged to switch from using private transportation to using urban public transportation so as to reduce congestion that occurs in DKI Jakarta and its surroundings.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?