DETAIL KOLEKSI

Peranan desain komunikasi visual dalam kampanye sosial anti tindakan cyberbullying


Oleh : Moh Ilham Pamungkas

Info Katalog

Nomor Panggil : 021/DKV/2020

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : R.Drajatno Widi Utomo

Pembimbing 2 : Dody Setianto

Subyek : Cyberbullying;Social problem

Kata Kunci : social campaign, cyberbullying action, KOMINFO Indonesia

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_SDK_091301600026_Halaman-Judul.pdf 21
2. 2021_TA_SDK_091301600026_Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_SDK_091301600026_Bab-1-Pendahuluan.pdf 5
4. 2021_TA_SDK_091301600026_Bab-2-Landasan-Teori.pdf
5. 2021_TA_SDK_091301600026_Bab-3-Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_SDK_091301600026_Bab-4-Data-dan-Analisis.pdf
7. 2021_TA_SDK_091301600026_Bab-5-Perancangan-dan-Perencanaan-Visual.pdf
8. 2021_TA_SDK_091301600026_Bab-6-Kesimpulan.pdf
9. 2021_TA_SDK_091301600026_Daftar-Pustaka.pdf 4
10. 2021_TA_SDK_091301600026_Lampiran.pdf

A Akibat semakin berkembangnya teknologi sangat mendorong terjadinya kasustindakan cyberbullying pada remaja usia 15-21 tahun, setiap hari kian meningkat, danmeluas. Dikarenakan masih minimnya media kampanye sosial yang disajikan, dan jugamasih minimnya pembahasan detail yang mengulas tentang keragaman bentuk daritindakan cyberbullying menjadikan hambatan dalam mencegah dan menekan angkapeningkatan korban tindakan cyberbullying. Visualisasi Kampanye Sosial AntiTindakan Cyberbullying dilakukan sebagai media penyampaian pesan kepada remajayang menjadi korban dengan kalimat “Cepat Tanggap” sebagai nama kampanye yangdiharapkan dengan adanya kampanye sosial anti tindakan cyberbullying “CepatTanggap” ini menumbuhkan rasa cepat mengerti dan memahami suatu kejadiantindakan cyberbullying dengan cepat dan akurat, serta berani bertindak “Cepat” dalammelaporkan tindakan cyberbullying kepada pihak yang berwajib guna menghentikantindakan cyberbullying. Metode yang digunakan penilitian dalam meneliti antitindakan cyberbullying ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil perancanganvisual berupa visualisasi kampanye sosial yang menggambarkan bagaimana 3 bentukbentuk tindakan cyberbullying paling sering terjadi menurut data yang sudah didapat,yang rentan terjadi pada lingkungan sekitar tanpa disadari, dan visualisasi yang dapatmendorong korban untuk mempunyai rasa cepat mengerti dan memahami suatukejadian tindakan cyberbullying dengan cepat dan akurat, serta berani bertindak“Cepat” dalam melaporkan tindakan cyberbullying kepada pihak yang berwajib apabilaterjadi di lingkukan sekitar, guna menghentikan tindakan cyberbullying. Visual yangakan di buat melalui beberapa media visual seperti ambient media serta mediapendukung lainnya yang dapat memberikan daya tarik serta pengalaman yang lebihkepada khalayak sasaran dengan media yang interaktif dan informatif yangmemanfaatkan ruang publik di ranah online ataupun pada fasilitas umum.

A As a result of the development of technology which strongly encourages cases ofcyberbullying in adolescents 15-21 years, it is increasing every day and is expanding.Due to the lack of social media campaigns that are presented, and the lack of discussionthat reviews the diversity of forms of cyberbullying, this is an obstacle in preventingand suppressing the increase in victims of cyberbullying. The visualization of the AntiCyberbullying Social Campaign was carried out as a medium for delivering messagesto teenage victims with the phrase "Quick Respond" as the name of the campaign thatis expected with the "Quick Respond" anti-cyberbullying social campaign, whichfosters a sense of quickly understanding and understanding an incident ofcyberbullying action quickly and easily. accurate, and dare to act “Quickly” inreporting cyberbullying actions to the authorities to stop cyberbullying. The researchmethod used in researching cyberbullying is a qualitative descriptive method. Theresults of the visual design are in the form of visualizations of social campaigns thatillustrate how the 3 forms of cyberbullying actions most often occur according to thedata that has been obtained, which are prone to occur in the surrounding environmentwithout realizing it, and visualizations that can encourage victims to quicklyunderstand and understand an incident of cyberbullying. and accurate, and dare to act“Quickly” in reporting cyberbullying actions to those who are obliged if it occurs inthe vicinity, in order to stop cyberbullying actions. Visuals that will be created throughseveral ambient visual media and other supporting media that can provide moreattractiveness and experience to the target audience with interactive and informativemedia that utilize public spaces in the online realm or in public facilities.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?