DETAIL KOLEKSI

Evaluasi perencanaan sistem electronic road pricing (ERP) di Jakarta


Oleh : Tommy Wijaya

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : F. Trisbiantara

Subyek : Electronic road;Evaluation - Planning system

Kata Kunci : Electronic Road Pricing, traffic, Jakarta, travel cost, nett profit

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_SP_05113103_Halaman-judul.pdf
2. 2017_TA_SP_05113103_Bab-1.pdf 5
3. 2017_TA_SP_05113103_Bab-2.pdf
4. 2017_TA_SP_05113103_Bab-3.pdf
5. 2017_TA_SP_05113103_Bab-4.pdf
6. 2017_TA_SP_05113103_Bab-5.pdf
7. 2017_TA_SP_05113103_Daftar-pustaka.pdf

P Pertumbuhan jumlah kendaraan di DKI Jakarta terus meningkat sedangkan pembangunan prasarana jalan sangat minim, hal ini yang menyebabkankemacetan lalu lintas di DKI Jakarta. Merencanakan suatu sistem yang bernamaElectronic Road Pricing (ERP) pada ruas-ruas jalan atau suatu area dalam DKIJakarta dapat mengatasi masalah tersebut. ERP merupakan mekanisme retribusilalu lintas terhadap kendaraan pribadi dengan tujuan mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang melawati suatu area atau jalan dengan tingkat kepadatan kendaraan tertentu. Perencanaan ERP ini berdasarkan dengan suatu rumusan yang bertujuan untuk meningkatkan travel cost kendaraan pribadi dan menurunkan travel cost kendaraan umum. Travel cost tersebutkan mempengaruhi nett profit pengguna kendaraan pribadi akan lebih kecil jika dibandingkan nett profit pengguna kendaraan umum. Penggunaan ERP akan membuat pengguna kendaraan pribadi berganti moda ke angkutan umum massal dan mengubah waktu serta rute perjalanan sehingga dapat mengurangi tingkat kemacetan yang ada di DKI Jakarta.

N Number of vehicle growth in Jakarta continues to increase while the road infrastructure development really minimal, it’s causing a lot of traffic in Jakarta. Local government devised a system called Electronic Road Pricing (ERP) on some streets or area in Jakarta to resolve the issue. ERP is the mechanism of traffic levy, on private vehicles in order to reduce the number of private vehicles which run through an area or street with the particular density of vehicles. ERP planning is based with a formula that aims to improve the travel cost of private vehicles and lower travel cost of public transport. Travel cost affect nett profit private vehicle users will be smaller when compared nett profit public transport users. The use of ERP will create a private vehicle users to change mode of mass transit and change the time and route of travel so as to reduce the level of traffic in Jakarta.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?