DETAIL KOLEKSI

Hubungan aktivitas fisik dan komunikasi interpersonal dengan jenis regulasi emosi pada pelajar SMA


Oleh : Dhea Dwi Nanda Az-Zahroh

Info Katalog

Nomor Panggil : S 2021

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Nuryani Sidarta

Subyek : SCERTS model;Exercise

Kata Kunci : Physical activity, interpersonal communication, emotional regulation, students

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_SKD_030001800146_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_SKD_030001800146_Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_SKD_030001800146_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_SKD_030001800146_Bab-2_Tinjauan-Literatur.pdf 17
5. 2023_TA_SKD_030001800146_Bab-3_Kerangka-Konsep.pdf 3
6. 2023_TA_SKD_030001800146_Bab-4_Metode-Penelitian.pdf 9
7. 2023_TA_SKD_030001800146_Bab-5_Hasil.pdf
8. 2023_TA_SKD_030001800146_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2023_TA_SKD_030001800146_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2023_TA_SKD_030001800146_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2023_TA_SKD_030001800146_Lampiran.pdf 29

P Pada masa remaja, seseorang sering kali mengalami bermacam-macam perubahan mencakup perubahan fisiologis dan juga psikologis. Satu diantaranya pada perubahan psikologis yang terjadi di masa remaja yaitu perubahan sosioemosional, yang mana remaja mempunyai ketegangan emosi yang lumayan tinggi. Faktor yang dapat mempengaruhi regulasi emosi salah satunya adalah komunikasi interpersonal dan aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik, komunikasi interpersonal dengan jenis regulasi emosi pada pelajar SMA.METODEStudi analitik observasional dengan desain cross sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-random sampling dengan metode Consecutive Sampling menggunakan kuesioner melalui google form dengan sampel sebanyak 124 pelajar SMA Negeri Kota Sukabumi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square menggunakan program SPSS versi 25.HASILHasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dan jenis regulasi emosi (p value = 0,400). Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan jenis regulasi emosi (p value = 0,416). Aktivitas fisik mayoritas memiliki intensitas aktivitas fisik kategori tinggi, komunikasi interpersonal mayoritas mendapatkan hasil kemampuan komunikasi interpersonal tinggi dan regulasi emosi mayoritas menggunakan jenis regulasi cognitive reappraisal.KESIMPULANPenelitian ini menunjukkan hasil tidak terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan jenis regulasi emosi pada pelajar SMA. Dan juga tidak terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal dengan jenis regulasi emosi pada pelajar SMA.

B BACKGROUNDIn adolescence, a person often experiences various changes including physiological and psychological changes. One of them is the psychological changes that occur in adolescence, namely socio-emotional changes, in which adolescents have a fairly high emotional tension. One of the factors that can influence emotional regulation is interpersonal communication and physical activity. The purpose of this study was to determine the relationship between physical activity, interpersonal communication and types of emotional regulation in high school students.METHODSAn observational analytic study by cross sectional design. The sampling method used is Non-random sampling, Consecutive method Sampling using a questionnaire through google form, with a sample of 124 high school students in the Sukabumi City area. Data analysis was carried out using univariate and bivariate statistical tests chi-square using SPSS version 25.RESULTSThe results of the analysis show that there is no relationship between physical activity and types emotional regulation (p value = 0.400). The results of the analysis show that there is no relationship between interpersonal communication and types emotional regulation (p value = 0.416). The majority of physical activity has a high intensity category of physical activity, the majority of interpersonal communication results in high interpersonal communication skills and the majority of emotional regulation uses this type of regulation cognitive reappraisal.CONCLUSIONThis study shows the results that there is no relationship between physical activity and types emotional regulation in high school students. And there is also no relationship between interpersonal communication and types emotional regulation in high school students.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?