DETAIL KOLEKSI

Pengaruh senam otak terhadap memory jangka pendek anak Sekolah Dasar

5.0


Oleh : Nurul Indah Tylasari

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1094

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Andini Aswar

Subyek : Pediatrics;Brain

Kata Kunci : brain exercise, short-term memory, elementary school children, Digit Span.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_KD_03013257_halaman-judul.pdf
2. 2017_TA_KD_03013257_Bab-1-pendahuluan.pdf
3. 2017_TA_KD_03013257_Bab-2-tinjauan-literatur.pdf
4. 2017_TA_KD_03013257_Bab-3-kerangka-konsep.pdf
5. 2017_TA_KD_03013257_Bab-4-metode.pdf
6. 2017_TA_KD_03013257_Bab-5-hasil.pdf
7. 2017_TA_KD_03013257_Bab-6-pembahsan.pdf
8. 2017_TA_KD_03013257_Bab-7-kesimpulan.pdf
9. 2017_TA_KD_03013257_daftar-pustaka.pdf
10. 2017_TA_KD_03013257_Lampiran.pdf

P Performa akademis pada anak di pengaruhi proses kognitif, salah satu elemen pokoknya adalah memori jangka pendek. Senam otak merupakan serangkaian gerakan yang dapat mengaktivasi kemampuan memori jangka pendek. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap memori jangka pendek anak sekolah dasar. Metode Penelitian ini merupakan studi analitik dengan desain quasi eksperimental, pengambilan sampel secara consecutive sampling pada anak sekolah dasar kelas 4, 5, 6 di SDN 1 Badakarya dan SDN 1 Bondolharjo dengan 46 anak kelompok intervensi diberikan stimulasi senam otak 3 kali seminggu selama 3 minggu dan 46 anak kelompok kontrol tanpa stimulasi. Instrumen penelitian menggunakan tes Digit Span. Analisis data menggunakan program SPSS for windows dengan uji statistik yaitu uji T Dependent dan Independent-Samples T Test dengan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya (p>0,05). Hasil Pada hasil skor tes Digit Span sebelum dan sesudah stimulasi, terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,000) pada kelompok intervensi. Untuk selisih perubahan skor setelah stimulasi senam otak didapatkan perbedaan bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,000). Kesimpulan Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap memori jangka pendek pada kelompok intervensi di SDN 1 Badakarya yang diberikan stimulasi senam otak 3 kali seminggu selama 3 minggu dibandingkan dengan kelompok kontrol di SDN 1 Bondolharjo yang tidak diberikan stimulasi senam otak.

A Academic performance in children is influenced by cognitive processes, one of the main elements is short-term memory. Brain exercises are a series of movements that can activate short-term memory abilities. Therefore this study was conducted with the aim to determine the effect of brain exercise on short-term memory of elementary school children. The method of this research was analytic study with quasi experimental design, consecutive sampling was taken in elementary school children grade 4, 5, 6 at SDN 1 Badakarya and SDN 1 Bondolharjo with 46 children intervention group was given brain gym stimulation 3 times a week for 3 weeks and 46 controls without stimulation. The research instrument uses the Digit Span test. Data analysis using the SPSS for Windows program with statistical tests, namely the Dependent T test and the Independent-Samples T Test with the significance level used by the amount (p> 0.05). Results In the results of the Digit Span test score before and after stimulation, there were significant differences (p = 0,000) in the intervention group. For differences in the change in scores after brain gym stimulation, there were significant differences between the intervention group and the control group (p = 0,000). Conclusion There was a significant effect on short-term memory in the intervention group at SDN 1 Badakarya given brain exercise stimulation 3 times a week for 3 weeks compared to the control group at Bondolharjo 1 Elementary School which was not given brain gymnastic stimulation.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?