DETAIL KOLEKSI

Silidifikasi limbah sludge yang mengandung logam berat di PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

3.0


Oleh : Chika Chaerunnisa

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Cristiana S.

Pembimbing 2 : Asih Wijayanti

Subyek : Industrial waste

Kata Kunci : elektroplating, crushing test

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2005_TA_STL_08200017_Halaman-Judul.pdf
2. 2005_TA_STL_08200017_Bab-1.pdf 4
3. 2005_TA_STL_08200017_Bab-2.pdf
4. 2005_TA_STL_08200017_Bab-3.pdf
5. 2005_TA_STL_08200017_Bab-4.pdf
6. 2005_TA_STL_08200017_Bab-5.pdf
7. 2005_TA_STL_08200017_Bab-6.pdf
8. 2005_TA_STL_08200017_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2005_TA_STL_08200017_Lampiran.pdf

L Limbah industri yang dihasilkan oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing adalah sludge yang mengandung logam berat yang berasal dari limbah elektroplatingseperti Cr, Ni, Cu, Zn, Cd, Pb, dan Fe yang akan meoimbulkan pencemaran terhadap lingkungan apabila tidak diolah dengan baik. Program pengendalian lingkungan yang terlambat dilakukan sebenarnya tidak akan terjadi apabila sejak awal telah dipahami sebab dan akibat pencemaran lingkungan karena berdirinya sebuah proyek industri , tetapi kita masih kurang memahami tentang pencemaran, limbah B3 serta akibat yang ditimbulkannya (Sugiharto, 1987)Tujuan penelitian ini untuk mendayagunakan sludge IPAL PT.YIMM dengan metode Stabilisasi/Solidisasi (s/s) menjadi balok paving yang dapat digunakan untuk pengerasan jalan. Penggunaan semen diutamakan untuk memperkuat campuran 'sludge agar .mampu menerima tekanan dari luar dan kondisi cuaca yang bervariasi .. Hasil analisis sludge.PT YIMM adalah Fe sebesar 0,09 mg/l, Cr. 0,25 mg/l , Ni 226, 00 mg/l , Zn 0,06 mg/l, dan Mn 041 mg/l. Hasil analisis ini masih di bawah baku sesuai dengan PP No. 85 Tahun 1999.Uji leaching yang dilakukan pada bahan dasar untuk membuat:sampel.balok paving menghasilkan konsentrasi Cr yang paling tinggi berasal dari split sebesar 2, 14 mg/I, sedangkan Ni berasal .dari .sludge. sebesar 226,00. Tingginya kadar kedua logam tersebut pada masing masing bahan memungkinkan terjadinya pelindian pada sampel blok paving yang terbuat dari kedua macam bahan dasar tersebut. Setelah bahan dasar tersebut menjadi sampel balok paving didapat.bahwa konsentrasi khromium masih tinggi. kadar khromium yang tinggi berasal dari hasil analisa split . Untuk itu dicoba membuat sampel balok paving dengan komponen sludge semen pasir split dengan kadar sludge 6 %, 9 %, 12 % dan 15 %.Hasil penelitian pada sampel balok paving tersebut masih tinggi kadar khromiumnbya, disebabkan karena kadar khromium pada split tinggi, oleh karena itu dicoba lagi membuat sampel balok paving tanpa split, jadi terdiri dari sludge-semen-pasir. Dari sampel balok yang dibuat kemudian diuji crushing untuk menentukan kekuatan balok paving. Setelah diuji crushing ternyata sampelbalok paving dengan kadar sludge 40 % lebih kuat dibandingkan sampelbalok paving dengan kadar sludge 20% dan 60 %. Sampel balok dengan dengan kadar sludge 40% kemudian diuji leaching yang menghasilkan konsentrasi dengan logam berat yang menurun. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sampel balok dengan kadar 40 % (campuran B3) sudah memenuhi syarat yangbaik untuk digunakan sebagai balok paving sesuai dengan PUBI serta untuk kandungan logam beratnya masih memenuhi syrat sesuai dengan PP No. 85 tahun 1999. Kekuatan sampel balok paving diuji dengan cara crushing test untuk menentuan komposisis terkuat. Dari hasil crushing test diperoleh bahwa campuran yang terkuat adalah komposisi sludge 6 % dengan kekuatan sebesar 146,93 kg/cm2 dengan komposisi sludge 40 % dengan kekuatan sebesar 92, 73 kg/cm2 Berdasarkan basil penelitian diatas diketahui untuk mengolah sludge IPAL sebanyak 40.000kg/bulan, diperlukan semen 20.000 kg dan pasir 40.000 kg. Perhitungan anggaran biaya untuk pengolahan sludge dari kegiatan industri otomotif PT YIMM dengan metode Stabilisasi/Solidifikasi menggunakan sludge sebesar Rp. 27.400.000,-..Hal ini amat sangat menguntungkan dibanding apabila sludge tersebut di kirim ke PPLI dengan dengan biaya Rp. 108.000.000,-/bulan

I Industrial disposal yielded by PT Yamaha Indonesia Motor of Manufacturing is pregnant sludge of heavy metal whch come from waste of electroplating (venering of metal) like Cr, Ni, Cu, Zn, Cd, Pb and Fe to generate contamination to environment if do not be processed better,. Program operation of environment which is overdue to be done/conducted in fact will not happened if since early have been comprehended by effect and cause contamination of environment because forming of a project of industry ,but us still less comprehending about contamination waste of B# and also effect of which generated it (Sugiharto, 1987). Target of the research for the mendayagunakan of IPAL PT YIMM sludge with stabilization method/ Solidifikasi (s/s) become log of paving able to be used for the ossification of road street. Usage of cement majored to strengthen mixture of sludge so that/to be can accept pressure from outside and wheater condition which vary. Result of analysis of sludge PT YIMM is Fe equal to 0,09 mg/l, Cr 0,25 mg/l, Ni 226, 00 mg/l, Zn 0,06 mg/l, and Mn 0,41 mg/l. Result of this analysis still below/under standard as according to PP No. 85 year 1999. Test of leaching done/conducted at materials basis for make log sampel of paving yield concentration of Cr highest come from split equal to2, 14 mg/l, while Ni come from sludge equal to 226,00 mg/l. Rate height both of the metal [at] each materials, conducive the happening of leaching log sample of paving made from both /seconf kind of materials. After the elementry materials become log sampel of paving, go that concentration of chromium still is high. rate of chromium high come from result of analysis of split is for that tried to make log sampel of paving with composition of sludge -cement-sand-spli with rate of sludge 6 %, 9 % , 12 % and 15 %. Result of from leaching at log sample of paving high still the of its rate of him caused by rate of chromium at high split, is therefore tried again make log sample paving without split , become to consist of sludge -cement-sand. Of made log sample is later , then tested by crushing to determine strength of log of paving. After tested by crushing in the reality log sampel of paving with rate of sludge 40% compared to stronger of log sampel of paving with rate of sludge 20% and 60%. Log sampel with rate of sludge 40% is later;then tested by leaching yielding downhill heavy metal concentration. This matter can be concluded that log sampel with rate 40% (mixture of B3) have up to standard which good to used as by log of paving as according to PUBI and also for the content of wt. metal still up to standard as according to PP No. 85 Year 1999. Strength of log sampel of paving tested by crushing test to determine strong composition. From result of test crushing obtained that strong mixture is composition of sludge 6% with strength equal to 146,93 composition and cm2 of sludge 40% with strength equal to 92,73 kg/cm2. Pursuant to result of research above known to process IPAL sludge counted 40.000 kg/month;moon, needed by cement 20.000 kg and sand kg 40.000 mg/l . Calculation of budget for the processing of sludge of industrial activity of indrustial activity of otomotif PT. YIMM with Stabilization method / solidification use sludge equal to Rp. 27.400.000,- This very-very provit to be compared to if the sludge in sending to PPLI with expense of Rp. 108.000.000,-/months.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?