Strategi pemasaran produk pembiayaan kredit usaha rakyat di Bank Syariah Indonesia kantor cabang Tangerang Ciputat
T Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang Ciputat. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya yang pertama, bauran pemasaran (marketing mix) yang digunakan marketing mix 7P yaitu produk, harga, lokasi, promosi, bukti fisik, dan proses selain itu juga dengan menerapkan bauran strategi promosi berupa periklanan, door to door, publisitas serta menerapkan kegiatan pemasaran berlandaskan kepada pemasaran islam yaitu ketuhanan (rabbaniyyah), menjunjung tinggi akhlak mulia (akhlakiyyah), realistis (al-waqi‟iyyah), humanitis (al-insaniyyah). Kedua, melalui strategi yang telah dilakukan terdapat kendala-kendala yang terjadi dalam pemasaran pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang Ciputat yaitu persaingan dan sosialisasi edukasi masyarakat. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang Ciputat diharapkan lebih mengoptimalkan kegiatan promosi dalam mengenalkan produk pembiayaan KUR kepada seluruh lapisan masyarakat dengan melihat kondisi, kekuatan, dan kelemahan serta perubahan lingkungan sehingga dapat mengetahui strategi yang diterapkan tepat sasaran atau tidak.
T The purpose of this study was conducted to determine the marketing strategy for financing products for People's Business Credit (KUR) for customers of Bank Syariah Indonesia Tangerang Ciputat Branch Office. The method used is using a descriptive qualitative approach. Data collection is done by observation, interviews, and documentation. As for the results of the first research, the marketing mix used is the 7P marketing mix, namely product, price, location, promotion, physical evidence, and process, in addition to implementing a mix of promotional strategies in the form of advertising, door to door, publicity and implementing marketing activities based on Islamic marketing, namely divinity (rabbaniyyah), upholding noble morals (akhlaqiyyah), realistic (al-waqi'iyyah), humanistic (al-insaniyyah). Second, through the strategy that has been implemented, there are obstacles that occur in the marketing of People's Business Credit (KUR) financing at Bank Syariah Indonesia, the Tangerang Ciputat Branch Office, namely competition and outreach to public education. Bank Syariah Indonesia Tangerang Ciputat Branch Office is expected to further optimize promotional activities in introducing KUR financing products to all levels of society by looking at conditions, strengths and weaknesses as well as changes in the environment so that they can find out whether the strategies implemented are right on target or not.