Pengaruh program pelatihan terhadap kinerja marketing haji dan umrah di Bank Panin Dubai Syariah
T Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari program pelatihan yang dibuat oleh Bank Panin Dubai Syariah sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja marketing haji dan umrah-nya. Oleh karena itu, penulis membuat laporan Praktek Kerja Lapangan dengan judul “Pengaruh Program Pelatihan Terhadap Kinerja Marketing Haji dan Umrah di Bank Panin Dubai Syariahâ€. Metode penulisan yang digunakan adalah metode kuantitatif pengujian non parametrik yaitu uji Wilcoxon karena data yang digunakan berdistribusi tidak normal. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada pegawai Bank Panin Dubai Syariah. Hasil dari tulisan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata achievement Pre Test dengan Post Test, dimana ada pengaruh positif pelaksanaan program pelatihan dalam meningkatkan kinerja marketing di Bank Panin Dubai Syariah.
T This paper aims to find out whether there is any influence from the training program created by Bank Panin Dubai Syariah as an evaluation material for the performance of its Hajj and Umrah marketing. Therefore, the authors make a Field Work Practice report with the title "The Influence of Training Programs on the Performance of Hajj and Umrah Marketing at Bank Panin Dubai Syariah". The writing method used is a quantitative method of non-parametric testing, namely the Wilcoxon test because the data used is not normally distributed. Data collection was carried out through observation and interviews with Bank Panin Dubai Syariah employees. The results of this paper can be concluded that there is a difference in the average achievement of the Pre Test and Post Test, where there is a positive influence on the implementation of the training program in improving marketing performance at Bank Panin Dubai Syariah.