Pengaruh tunneling incentive terhadap tax avoidance dengan transfer pricing sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur indonesia yang terdaftar di BEI
T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh tunneling incentive terhadap tax avoidance dan transfer pricing sebagai variabel intervening. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kausalitas, yang menjelaskan mengenai hubungan sebab dan akibat dari variabel independen terhadap variabel dependen. Data yang terdapat pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan melalui situs Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 73 sampel. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS dan perhitungan manual. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Tunneling Incentive berpengaruh negatif terhadap Transfer Pricing, Transfer Pricing berpengaruh negatif terhadap Tax Avoidance, sedangkan Tunneling Incentive berpengaruh positif signifikan terhadap Tax Avoidance, dan Transfer Pricing dapat memediasi pengaruh Tunneling Incentive terhadap Tax Avoidance
T The purpose of this study is to provide empirical evidence regarding the effect of tunneling incentive on tax avoidance and transfer pricing as intervening variables. This research is a causality study, which explains the cause and effect relationship of the independent variable on the dependent variable. The data contained in this study were obtained from financial reports and company annual reports through the Indonesian Stock Exchange website. The number of samples used was 73 samples. The sampling method used in this study was purposive sampling, while the data analysis method used was multiple linear regression using SPSS applications and manual calculations. The results od this study indicate that Tunneling Incentive has a negative effect on Transfer Pricing, Transfer Pricing has a negative effect on Tax Avoidance, while Tunneling Incentive has a significant positive effect on Tax Avoidance, and Transfer Pricing can mediate the effect of Tunneling Incentive on Tax Avoidance.