Peranan desain komunikasi visual dalam membuat paper doll nusantara
P Penulisan ini dilatar belakangi oleh kepentingan pembelajaran desain khususnya perancangan visual permainan dan media promosi Paper Doll Nusantara. Melalui penulisan karya ilmiah pengantar tugas akhir ini, peneliti diharapkan dapat merancang visual permainan yang tepat sesuai dengan target market permainan edutainment tersebut. Masalah umum pembuatan penulisan ini mengenai bagaimana perancangan visual permainan dan media promosi yang menarik dan bersifat positif, namun tetap sesuai dengan target market.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metode deskriptif, melalui penelitian kualitatif, serta menggunakan pendekatan desain komunikasi visual.Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalah yang ada, dengan membuat desain visual sesuai dengan target market saat ini, khususnya anak-anak Pra-TK atau TK (Taman Kanak-Kanak). Seiring dengan kemajuan zaman yang diiringi dengan kemajuan teknologi dan globalisasi, kini budaya Indonesia secara perlahan mulai tergantikan dengan budaya luar. Hal tersebut menjadi salah satu landasan kenapa permainan ini perlu disajikan untuk anak-anak bangsa Republik Indonesia. Perancangan yang dilakukan berwujud permainan dalam bentuk paper dolls serta media promosi yang dapat menunjang perancangan yang telah dilakukan.