Perancangan transit hub pada kawasan transit oriented development dukuh atas dengan eco-tech
J Jakarta adalah kota yang padat akan infrastruktur dan perkembangan yang pesat dan mejadi pusat perkantoran membuat masyarakat Indonesia yang berada dari dalam Jakarta maupun dari luar kota Jakarta berbondong bondong menuju Jakarta untuk mendapatkan pendapatan yang lebih. Oleh karena itu kendaraan umum massal menjadi salah satu kunci agar perpindahan di kawasan Jakarta tidak mengalami kemacetan. Perancangan Transport Hub di kawasan Transit Oriented Development Dukuh Atas ini didasari oleh program pemerintah untuk perkembangan kota Jakarta menjadi kota yang berorientasi transit dalam upaya meningkatkan nilai suatu kawasan yang disebabkan oleh adanya pengaruh factor transit dari bekrkembangnya infrastruktur di kawasan Dukuh Atas. Perancangan akan dibuat dengan pendekatan arsitektur Eco-Tech yang merupakan pendekatan yang memadukan sustainable architecture dan high tech architecture dimana rancangan nantinya menggunakan teknologi yang mengintegrasikan dengan lingkungan. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang sebuah transport hub yang bisa menghubungkan antar moda transportasi yang cukup banyak di kawasan TOD Dukuh Atas dengan pendekatan Eco – Tech yang diharapkan dapat mengurangi penggunaan energi buatan dan mulai memanfaatkan energi alami. Dengan memperhatikan faktor memanfaatkan energi alami, transport hub mampu menjadi contoh untuk rancangan masa depan di kawasan Jakarta untuk lebih memanfaatkan energi alami. Perancangan desain Transport Hub di kawasan Dukuh Atas yang memiliki lahan seluas 3.129 m2 juga akan menunjang konektivitas antar moda transportasi yang ada di Dukuh Atas seperti, MRT, LRT, KRL, Kereta Bandara, dan juga BRT. Adapun beberapa metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini yaitu 1) Studi Literatur, 2) Studi Banding, dan 3) Studi Lapangan. Sehingga akhirnya jika semua metode sudah dilakukan harapan penulis dapat menjawab semua pertanyaan yang akan dituliskan dalam tulisan ini yang berjudul “PERANCANGAN BANGUNAN TRANSIT HUB PADA KAWASAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT DUKUH ATAS DENGAN PENDEKATAN ECO – TECHâ€
J Jakarta is a city full of infrastructure and rapid development, and it is now the headquarters of its offices, making Indonesians, both from within and outside Jakarta, rush to Jakarta for more income. Therefore, mass public transportation is one of the keys to ensuring that transportation in the area of Jakarta does not suffer from congestion. Transport Hub Planning in Transit Oriented Development Region Upper Dukuh is based on the government program for the development of the city of Jakarta into a transit-oriented city in an effort to increase the value of an area caused by the presence of transit factor influence of the infrastructure development in the region Upper dukuh. The design will be made with an Eco-Tech architectural approach which is an approach that blends sustainable architecture and high tech architecture where the design later uses technologies that integrate with the environment. The objective of this project is to design a transport hub that can connect a large number of modes of transport in the Upper Dukuh TOD area with an Eco-Tech approach that is expected to reduce the use of artificial energy and start to utilize natural energy. By taking into account the factors utilizing natural energy, transport hub is able to be an example for future plans in the Jakarta region to make better use of natural power. The design of the Transport Hub in the Upper Dukuh area, which has an area of 3,129 m2, will also support the connectivity between the modes of transport existing in Upper dukuh such as, MRT, LRT, KRL, Airport Train, and also BRT. As for some of the research methods used in this Final Task: 1) Literary Studies, 2) Reference Studies and 3) Field Studies. So finally if all the methods are done hopefully the author can answer all the questions that will be written in this article titled “DESIGNING A TRANSIT HUB BUILDING IN THE TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT AREA DUKUH ATAS WITH AN ECO - TECH APPROACHâ€