DETAIL KOLEKSI

Rancangan bisnis bengkel motor gede melalui penerapan aplikasi online dengan pendekatan product service system di Gepard Motoshop

5.0


Oleh : Kriswanto Mandala Putra

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Tiena G. Amran

Pembimbing 2 : Imam Kisowo

Subyek : Systems design;Product life

Kata Kunci : product service system, visi & misi, empathy map, five porter’s analysis, swot, business model can

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STI_063001500092_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STI_063001500092_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2020_TA_STI_063001500092_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TA_STI_063001500092_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STI_063001500092_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STI_063001500092_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STI_063001500092_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STI_063001500092_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TA_STI_063001500092_Lampiran.pdf

G Gepard Motoshop merupakan bisnis dibidang otomotif khususnya motorberkapasitas mesin diatas 250cc. Bisnis ini diawal di tahun 2018 dengan melakukanpenjualan spare part motor branded. Penjualan dilakukan melalui online danmarketplace. Sesuai dengan permintaan dari konsumen awal tahun 2019 GepardMotoshop membuat sebuah bengkel yang melayani keseluruhan perawatan motor.Namun penjualan yang dilakukan oleh Gepard Motoshop selama tiga bulan terakhirtidak mengalami peningkatan. Diperlukan sebuah strategi yang perlu dilakukanuntuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan konsumen yang loyal. Tujuanutama dari penelitian ini yaitu merancang strategi yang tepat untuk meningkatkanpenjualan yang dapat dilakukan dengan pendekatan Product Service System.Pendekatan ini dilakukan dengan tahapan Inspiration yaitu menganalisa kondisisaat ini yang dirasakan oleh konsumen terhadap Gepard Motoshop. TahapInspiration ini membuat Emphaty Map, Porter’s Five Forces dan SWOT Analysis.Selanjutnya tahapan Ideation dengan membuat Business Model Canvas untukmenciptakan value proposition yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis yangdilakukan. Selanjutnya di tahap Prototyping dengan membuat aliran menggunakanUser Experience (UX) dan Prototype usulan yang akan dibuat. Tahap selanjutnyaValidation dengan menyebarkan kuisioner mengenai rancangan yang dibuat.Rancangan dengan pendekatan Product Service System dikatakan layak jika hasildari Validation menyatakan baik untuk diterapkan oleh Gepard Motoshop. NilaiIndeks rata-rata kuisioner adalah 80.81%. Hal ini menyatakan bahwa responpelanggan berada dalam interval “Sangat Baik” yaitu 80%-100%. Penggunaanwebsite online dapat dikatakan layak untuk dilanjutkan dan diimplementasikan olehGepard Motoshop. Pengembangan yang dilakukan ini memerlukan biaya sebesarRp.221,007,631 dalam waktu 1 tahun. Biaya ini yang nantinya akan disediakan olehGepard Motoshop untuk mengimplementasikan hasil rancangan yang telah dibuat.Tahapan menganalisa secara finansial hasil yang didapatkan dalam perhitunganlaba bersih yang didapatkan oleh Gepard Motoshop adalah Rp.162,950,400.Perhitungan Net Present Value yang sudah dilakukan menghasilkan nilaiRp.250.666.269. Besaran persentase dari perhitungan Internal Rate of Returnadalah 51%. Perhitungan terakhir yaitu Payback Period untuk mengetahui jangkawaktu pengembalian didapatkan hasil 1 tahun 4 bulan

G Gepard Motoshop is a business in the automotive sector, especially motorcycleswith engine capacities above 250cc. This business began in 2018 by selling brandedmotorcycle spare parts. Sales are made through online and marketplaces. Inaccordance with requests from consumers in early 2019 Gepard Motoshop built aworkshop that serves the entire maintenance of motorcycles. But sales made byGepard Motoshop over the past three months have not increased. A strategy isneeded to increase sales and maintain loyal customers. The main objective of thisresearch is to design the right strategy to increase sales that can be done with theProduct Service System approach. This approach is carried out with the Inspirationstage of analyzing the current conditions felt by consumers of Gepard Motoshop.This Inspiration Stage creates an Emphaty Map, Porter's Five Forces and SWOTAnalysis. The next stage is Ideation by creating a Business Model Canvas to createthe value proposition needed for business development. Then in the Prototypingstage by creating a flow using the User Experience (UX) and Prototype proposalsto be made. The next step is Validation by distributing questionnaires about thedraft made. A design with a Product Service System approach is said to be feasibleif the results of the Validation state it is good to be applied by Gepard Motoshop.The average index score of the questionnaire is 80.81%. This states that thecustomer's response is in the "Very Good" interval of 80% -100%. The use of onlinewebsites can be said to be feasible to be continued and implemented by GepardMotoshop. Development carried out this requires a fee of Rp.221,007,631 within 1year. This fee will later be provided by Gepard Motoshop to implement the designresults that have been made. The stages of financially analyzing the results obtainedin the calculation of net income obtained by Gepard Motoshop is Rp.162,950,400.The Net Present Value calculation that has been done yields a value ofRp.250,666,269. The percentage of the calculation of the Internal Rate of Return is51%. The last calculation is the Payback Period to determine the return periodobtained 1 year 4 months

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?